Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHRI: Hotel di Yogyakarta Didorong Utamakan Kuliner Lokal

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong pemilik bisnis perhotelan di daerah setempat mengutamakan masakan tradisional sebagai menu utama dengan menggandeng usaha kuliner lokal.
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong pemilik bisnis perhotelan di daerah setempat mengutamakan masakan tradisional sebagai menu utama dengan menggandeng usaha kuliner lokal.

"Kami mendorong untuk memasukkan menu masakan tradisional sebagai opsi utama bagi pengunjung," kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono di Yogyakarta, Senin (14/12/2015).

Dengan upaya itu, selain ikut serta melestarikan masakan tradisional, Deddy mengatakan bahwa hotel juga berperan penting membantu perekonomian lokal melalui penguatan usaha kuliner lokal.

Selain itu, inisiatif menempatkan masakan tradisional sebagai menu utama, menurut dia, juga mampu memberikan nilai tambah bagi perhotelan di mata para pengujung.

Dengan meningkatnya daya tarik hotel, menurut dia, secara otomatis juga akan mendongkrak lama tinggal serta tingkat okupansi hotel.

"Para pengunjung hotel yang berasal dari luar daerah atau bahkan mancanegara tentunya datang untuk mencari tempat singgah yang bernuansa khas Yogyakarta termasuk menu makanannya," katanya.

Meski demikian, dia mengakui bagi hotel yang telah memiliki kategori bintang lima, pihaknya tidak bisa terlalu menekankan untuk memprioritaskan masakan tradisional sebagai menu utama sebab telah terikat dengan standar hotel internasional secara terpusat.

"Hotel bintang lima telah memiliki standar internasional secara terpusat. Meski demikian, kami tetap akan mengimbau untuk memasukkan masakan tradisional sebagai opsi makanan," katanya.

Sebaliknya, dia mengatakan bahwa hotel-hotel nonbintang atau melati serta hotel bintang satu secara keseluruhan justru telah mengutamakan kuliner lokal atau khas Yogyakarta sebagai menu makanan.

"Hingga saat ini, untuk hotel-hotel bintang satu rata-rata sudah mengalokasikan sekitar 80 persen untuk kuliner lokal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper