Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IKPP Raih Penghargaan Efisiensi Energi dari Kementerian ESDM

PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang meraih Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) untuk kategori Manajemen Energi di Industri Besar. Direktur APP Suhendra Wiriadinata menyambut baik apresiasi yang diberikan Kementerian ESDM. menurutnya penghargaan tersebut dapat mendorong untuk terus berupaya dalam efisiensi energi.
Kabar24.com, JAKARTA -- PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang meraih Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) untuk kategori Manajemen Energi di Industri Besar.
 
Direktur APP Suhendra Wiriadinata menyambut baik apresiasi yang diberikan Kementerian ESDM. menurutnya penghargaan tersebut dapat mendorong untuk terus berupaya dalam efisiensi energi.
 
“Menghemat energi menjadi penting bagi kami, selain dapat mengoptimalkan nilai produksi juga turut andil menyelamatkan energi untuk masa depan bangsa," ujarnya.
 
Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan kompetisi PEEN ini sekaligus mempromosikan pemanfaatan energi di regional ASEAN. Penghargaan ini membuat motivasi perusahaan-perusahaan negeri dan swasta untuk menggenjot program hemat energi.
 
Lanjut Rida, pemenang penghargaan ini nantinya akan membawa nama Indonesia untuk dapat bersaing pada kegiatan yang diadakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE). 
 
"Ini nanti kita janjikan yang menang akan mewakili Indonesia untuk bersaing di tingkat ASEAN," tutur Rida dalam acara penganugerahan PEEN di Jakarta.
 
Menurut Manajer Energi IKPP Tangerang Kholisul Fatikhin, terdapat 3 upaya utama yang dilakukan perusahaan dalam efisiensi energi, yakni
penyuluhan kepada seluruh karyawan pabrik akan pentingnya melakukan penghematan energi,
aktivitas optimasi sistem di pabrik, modifikasi mesin atau perakitan baru sehingga dapat meningkatkan efisiensi pemakaian energi.
 
"pencapaian penghematan energi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sekitar 13,7% untuk listrik dan 18% untuk steam," paparnya.
 
IKPP Tangerang juga meraih penghargaan industri hijau level 5 secara berturut-turut sejak tahun 2011, dengan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 sejak tahun 1997, OHSAS 18001 tahun 2007 dan SMK3 tahun 2011.
 
“Kami percaya dengan terus mengimplementasikan pentingnya praktik industri yang berkelanjutan, selain dapat menjamin kelangsungan hidup masyarakat dan menyelamatkan lingkungan, Indonesia dapat berkompetisi di pasar global," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper