Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APTI Bantah Penelitian Bahwa Pertanian Tembakau Tidak Menguntungkan

Asosiasi Petani Tembakau Indonesia membantah hasil penelitian Muhammadiyah Tobacco Control Center, Majelis Pembina Kesehatan Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah dan Indonesian Institute for Social Development bahwa pertanian tembakau tidak menguntungkan.
Petani tembakau
Petani tembakau

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Petani Tembakau Indonesia membantah hasil penelitian Muhammadiyah Tobacco Control Center, Majelis Pembina Kesehatan Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah dan Indonesian Institute for Social Development bahwa pertanian tembakau tidak menguntungkan.

Ketua Umum APTI Soeseno mengatakan bahwa pertanian tembakau merugi salah besar karena dalam satu hektare lahan bisa menghasilkan 2,2 ton setara dengan pendapatan Rp88 juta. Pendapatan yang dikantongi petani tembakau itu jauh lebih tinggi dibandingkan menanam jagung di musim kering.

"Keuntungan menanam tembakau bisa tiga kali lipat dari untung menanam jagung. Tembakau jelas menguntungkan," kata Soeseno dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Penelitian MTCC menyebutkan pertanian tembakau tidak menguntungkan dan sangat dimonopoli oleh industri tembakau. Lembaga itu juga merekomendasikan agar para petani tembakau beralih ke jenis tanaman lain.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, saat ini ada sekitar dua juta petani tembakau di seluruh Indonesia. Jumlah itu, menurut Soeseno dapat bertambah sesuai dengan minat petani ketika waktu tanam di musim kemarau .

"Tembakau termasuk tanaman yang paling kuat bertahan di cuaca kering. Contohnya di beberapa daerah yang sedang mengalami kekeringan, tanaman tembakau tetap bisa tumbuh," ujarnya.

Ia mengharapkan dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas tembakau nasional bukan justru peralihan ke jenis tanaman lain.

Persoalan yang dihadapi dalam pertanian tembakau saat ini, kata Soeseno di antaranya minimnya dukungan infrastruktur dan bantuan teknis akibatnya volume produksi belum dapat memenuhi permintaan pabrik dalam negeri. Alhasil banyak kebutuhan tembakau dipenuhi dengan impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper