Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Tol Ciawi - Sukabumi Selesai Akhir 2017

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi selesai pada akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018.nn
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA ---  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi selesai pada akhir tahun 2017 atau awal   2018.

"Target selesai mudah-mudahan 2017 akhir paling lambat 2018 awal. Panjang Tol Ciawi-Sukabumi ini sekitar 60 km," kata Ahmad Heryawan (Aher)usai membuka acara Puncak HUT Ke-70 Jawa Barat (Pesta Rakyat De Syukron), di Gedung Sate Bandung, Jumat (23/10/2015).

Saat memberikan sambutan pada acara De Syukron, ia menyatakan harapan Tol Ciawi-Sukabumi bisa selesai seiring dengan berakhirnya masa jabatannya dirinya sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Tiap kali saya pulang ke kampung halaman saya Sukabumi saya selalu ditanya warga di sana, 'Pak Gubernur kapan ini beresnya (Tol Ciawi-Sukabumi)'," ujar dia.

Pihaknya memiliki harapan yang sama dan kuat dengan warga Kabupaten Sukabumi agar tol tersebut bisa segera diselesaikan pengerjaannya.

Sementara tender tol Ciawi-Sukabumi ini dari tahun 1997, baru mulai pembangunannya tahun 2005, artinya sudah hampir 18 tahun," kata dia.

Ia menjelaskan salah satu hambatan yang dihadapi dalam pembangunan tol itu adalah investasi dan pembebasan lahan.

"Tapi yang jelas hal-hal seperti itu ke depan jangan terjadi, khusus masalah pembebasan lahan sekarang sudah dipermudah dengan UU Pembebasan Lahan, investasi dipermudah dengan regulasi, kalau dulu investasi harus 96 persen dulu baru bisa tender, sekarang 10-15 perseninvestasi sudah bisa tender," kata dia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper