Pusri Raih LIPI Science Based Indutrial Innovation Award 2015

Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Science-Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award) 2015. Dalam penghargaan ini, Pusri menjadi perusahaan berbasis riset terbaik dalam kategori physical science. Sementara itu, kategori life science diraih oleh PT. Caprifarmindo Laboratories.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 02 September 2015  |  18:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Science-Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award) 2015. Dalam penghargaan ini, Pusri menjadi perusahaan berbasis riset terbaik dalam kategori physical science. Sementara itu, kategori life science diraih oleh PT. Caprifarmindo Laboratories.

Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain mengungkapkan apresiasinya kepada PT. PUpuk Sriwidjaja Palembang dan PT Caprifarmindo Laboratories atas komitmen mereka industri dalam menetapkan riset sebagai strategi bisnis perusahaan.

"PT Pusridan PT Caprifarmindo Laboratories telah menunjukkan bahwa perusahaan anak bangsa mampu melakukan inovasi berbasis riset yang hasilnya memberikan banyak manfaat bagi banyak lapisan masyarakat," ungkapnya saat penganugerahan LIPI SBII Award 2015 di Auditorium LIPI, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Kriteria utama dalam memilih perusahaan yang layak mendapatkan LIPI SBII Award adalah aspek kolaborasu riset, luaran ilmiah dan komitmen perusahaan dalam mengembangkan dan mendorong inovasi berbasis riset pada organisasi masing-masing perusahaan.

"Termasuk didalamnya berapa besar anggaran penelitian dan pengembangan, infrastruktur untuk riset serta hasil kerjasama riset dengan lembaga-lembaga kompeten," imbuhnya.

Penilaian terhadap Pusri dan Caprifarmindo dikarenakan kedua perusahaan itu telah menunjukkan kemampuan mengelola inovasi hingga menjadi industri handal.

"Mereka juga telah menunjukkan komitmen dalam mewujudkan budaya inovasi diperusahaannya," tuturnya.

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang berhasil menghasilkan paten dan mendapatkan royalti lisensi paten, diantaranya disain pabrik yang telah dipatenkan di Jepang dan telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan luar negeri. Saat ini, Pusri sedang mengajukan paten untuk inovasi lambung kapal yang dapat digunakan di laut dan sungai dangkal. Dalam mengembangkan inovasinya, Pusri didukung oleh divisi riset dan pengembangan melakukan kerjasama erat dengan lembaga litbang dan perguruan tinggi nasional.

Sementara itu, PT Caprifarmindo Laboratories bergerak dibidang obat hewan dan vaksin hewan bertaraf internasional yang terus aktif berinovasi dengan hampir seluruh vaksin untuk ternak mulai dari unggas, sapi, babi, kerbau, hingga udang dan ikan.

"Hanya sedikit perusahaan di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat biosafety level 3 (BSL-3) Vaksin unggas dari Asia Pasific Biosafety Association (APBA)," paparnya.

Kedepannya, Iskandar berharap, melalui LIPI SBII Award, LIPI juga dapat berkontribusi dalam memberikan masukan kepada pemerintah mengenai sejumlah perusahaan yang patut didukung kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang).

"Kami berharap kegiatan ini dapat menumbhkan motivasi pelaku industri untuk memperkuat riset maupun kerjasama riset," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lipi

Editor : Bastanul Siregar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top