Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JALAN TOL PALINDRA: Pemprov Sumsel Mimpi Biaya Logistik Jadi Murah

Salah satu dampak langsung yang bisa dirasakan masyarakat adalah berkurangnya kemacetan di jalur PalembangIndralaya.
Tol Gedebage./JIBI
Tol Gedebage./JIBI

Bisnis.com, PALEMBANG — Kendati proses pembebasan lahan belum sepenuhnya kelar, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan sudah memimpikan imbas pemangkasan biaya logistik jika jalan tol Palembang - Indralaya (Palindra) bisa beroperasi.

Sekretaris Daerah Sumatra Selatan Mukti Sulaiman mengatakan salah satu dampak langsung yang bisa dirasakan masyarakat adalah berkurangnya kemacetan di jalur Palembang—Indralaya.

Menurutnya, saat ini ada beberapa titik jalur yang sering mengalami kemacetan parah. "Tol ini nantinya banyak digunakan oleh kendaraan pribadi, kira-kira 50% lah. Tidak hanya itu, truk besar juga bisa melewatinya," tuturnya, kepada Bisnis.com, Jumat (17/7/2015).

Dengan beroperasinya jalan tol Palindra, Pemprov Sumsel juga memproyeksikan 35% kepadatan lalu lintas saat musim mudik akan terurai di jalan tersebut. "Mereka butuh kenyamanan saat mudik, maka pasti memilih jalan tol," ujarnya.

Pembangunan jalan bebas hambatan yang menggunakan anggaran pemerintah pusat ini, melengkapi rencana pembangunan proyek Tol Trans Sumatra dari Lampung - Aceh dengan total panjang 2.048 kilo meter.

Mukti memastikan pembangunan Tol Trans Sumatra pasti terealisasi, hanya saja membutuhan tahapan yang panjang.  "Harapannya untuk Palindra selesai sebelum Asian Games 2018," tambahnya.

Liputan Lebaran Jawa-Sumatra ini bekerja sama dengan Nissan Motor Indonesia.

(M. Abdi Amna, Akhirul Anwar, Gloria N. Solorosa, David Eka Issetiabudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper