Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran 2015: ASDP Siapkan Diskon Bagi Pemudik di Siang Hari

PT Angkutan Sungai, Danau, Dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) bakal menerapkan dual tariff penyeberangan menjelang musim mudik lebaran.
Angkutan sungai, danau dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara
Angkutan sungai, danau dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, SURABAYA - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) bakal menerapkan dual tariff penyeberangan menjelang musim mudik lebaran. Kebijakan itu diberlakukan untuk dua pelabuhan padat, yaitu Gilimanuk-Ketapang dan Merak-Bakaheuni.

Direktur Usaha ASDP Kemal Heryandra menjelaskan tarif dual itu ditujukan untuk memecah kepadatang kendaraan saat mudik sejak H-7 Idulfitri. “Kedua pelabuhan itu selalu macet hingga luar areal pelabuhan. Akibatnya, pemudik tidak nyaman dan kelelahan,” jelasnya, Rabu (1/7/2015)

Untuk diketahui, tarif dual tersebut menerapkan sistem diskon untuk pemudik siang hari. Berdasarkan pengalaman, sebagian pemudik melakukan penyeberangan pada malam hari setelah buka puasa.

“Jadi, kami imbau pemudik di dua pelabuhan itu untuk melakukan perjalanan pada siang hari selama H-4 hingga H+1. Kami berikan diskon tarif penyeberangan untuk siang hari selama empat hari itu,” ungkapnya.

Diskon diberikan khusus bagi pemudik bersepeda motor dan roda empat. ASDP juga menambah dua armada di Pelabuhan LCM Lintas Ketapang-Gilimanuk dan melarang operasional truk kecuali untuk komoditas pangan dan BBM.

Di lain pihak, persiapan arus mudik dan balik melalui moda transportasi jalan juga telah dilakukan di Jatim. Pemprov mengklaim pembenahan jalan provinsi telah rampung 89% dari total panjang jalan 1.769,9 kilometer.

Pemprov Jatim menargetkan perbaikan yang dilakukan Dinas PU Bina Marga Jatim itu bisa dituntaskan sebelum H-7 Idulfitri.

Sementara itu, dari total jalan nasional yang ada di Jatim 85% di antaranya sudah dalam kondisi baik dan hanya 15% yang dalam proses perbaikan.

Jalan nasional yang melintang di wilayah Jatim mencapai 2.027 km, terdiri atas lintas pantai utara sepanjang 469,296 km, lintas tengah 193,915 km, lintas selatan 620,067 km, dan jalur penghubung lintas 743,727 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper