Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klikhotel.com Bangun Transparansi Agar Pengguna Jasa Tak Merasa Kecele

Pelaku usaha di ranah online travel agency (OTA) semakin banyak membuat persaingan semakin ketat. Agar mampu bersaing, Klikhotel.com, salah satu perusahaan startup yang telah berkecimpung di bidang ini sejak 2010, menerapkan beberapa strategi.
/klikhotel
/klikhotel

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku usaha di ranah online travel agency (OTA) semakin banyak membuat persaingan semakin ketat. Agar mampu bersaing, Klikhotel.com, salah satu perusahaan startup yang telah berkecimpung di bidang ini sejak 2010, menerapkan beberapa strategi.

Teddy Sugianto, salah satu pendiri Klikhotel.com, menyatakan sebagai bisnis jasa, pada dasarnya OTA harus dibangun dengan basis kepercayaan. Kepercayaan konsumen harus dijaga agar mereka tidak lari ke agensi lain yang sangat mudah ditemukan di dunia maya.

Oleh karena itu, pihaknya serius dalam membangun transparansi dalam segala aspek, mulai dari harga, benefit yang akan dinikmati oleh tamu, pajak, sampai review yang semuanya disampaikan dengan jelas dari awal.

“Intinya, jangan sampai tamu merasa kecele. Memang membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk membangun kepercayaan, tapi kami yakin value ini akan sangat di-appreciate oleh masyarakat,” kata dia.

Dia juga membangun proses reservasi yang mudah lewat berbagai channel komunikasi seperti BBM, Whatsapp, telepon hotline, media sosial Facebook dan Twitter serta email.

Pemesanan lewat channel tersebut dia jamin akan direspons cepat customer care klikhotel.com yang aktif dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB mulai Senin-Sabtu.

Sementara itu untuk memesan lewat situs website www.klikhotel.com pelanggan dapat melakukan booking sendiri kapan saja karena sistemnya aktif 24 jam.

Sejak awal berdiri sampai sekarang, kata Teddy, klikhotel.com terus bertumbuh dari berbagai aspek, baik penjualan, peningkatan jumlah member, maupun peningkatan jumlah hotel yang bekerjasama.

Sampai saat ini, ada 2.200 hotel di seluruh Indonesia yang telah diajak bekerjasama. Rata-rata hotel tersebut menyediakan kamar dari rentang harga Rp80.000 hingga Rp5 juta per malam.

Klikhotel.com sendiri lebih fokus menyediakan pilihan-pilihan hotel di harga budget, sekitar Rp200.000 -Rp400.000 per malam.

Adapun dari segi database member, jumlah anggota klikhotel.com kini mencapai 250.000 orang. Angka itu diharapkan bisa mencapai 500.000 orang dalam setahun ke depan.

“Klikhotel pernah dikunjungi sampai dengan 40.000 orang dalam satu hari saja, dan yang membuat kami cukup bangga karena hal ini dicapai tanpa spending biaya promosi yang signifikan. Mungkin cukup banyak orang-orang yang mereferensikan Klikhotel,” tuturnya.

Saat ini layanan yang disediakan klikhotel.com baru sebatas pemesanan hotel dan tiket pesawat domestik. Namun dia bercita-cita dalam lima tahun ke depan dapat berekspansi dengan menyediakan layanan reservasi ke luar negeri, di mulai dari Asia Tenggara.

Selain itu, lanjut Teddy, pihaknya juga melirik layanan berupa solusi kebutuhan perjalanan lainnya, seperti car rental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper