Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Janji Penuhi Kebutuhan Pangan Warganya

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengklaim mempunyai komitmen tinggi dalam mewujudkan ketahanan pangan yang kuat dan berkelanjutan.
Sektor pertanian/Ilustrasi-Antara
Sektor pertanian/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengklaim mempunyai komitmen tinggi dalam mewujudkan ketahanan pangan yang kuat dan berkelanjutan.

Plt. Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan komitmen ini penting sehingga mampu menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan daerah sampai dengan perseorangan. 

Hal ini tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif.

Saat ini, jumlah penduduk Jabar pada 2014 lebih kurang  sekitar 46 juta jiwa, sehingga dibutuhkan bahan pangan yang cukup banyak baik jumlah maupun jenisnya. 

“Semakin meningkatnya jumlah penduduk akan semakin tinggi pula kebutuhan akan pangannya,” katanya, Kamis (25/6/2015).

Menurutnya, sebagai provinsi yang masyarakatnya dominan bermata pencaharian di bidang pertanian, perlu menjamin penyediaan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan, sebagai sumber pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi peningkatan perekonomian Jabar.

Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan daerah, Pemprov Jabar terus mengupayakan pendanaan dari APBD provinsi dan kabupaten/kota untuk mengembangkan program peningkatan produksi melalui intensifikasi dan ekstensifikasi termasuk upaya khusus semua komoditas strategis maupun komoditas unggulan wilayah.

Pemprov Jabar sendiri, menurut Iwa, sudah memaparkan kondisi ketahanan pangan di Jabar dalam Sidang Regional Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Wilayah Barat (Sumatra dan Jawa) 2015 di IPB Bogor, Rabu (24/6/2015). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper