Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Memproyeksi Ekonomi Dunia Cenderung Bias ke Bawah

Bank Indonesia menyatakan pertumbuhan ekonomi global cenderung bias ke bawah dari perkiraan semula disertai dengan masih tingginya risiko di pasar keuangan global.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menyatakan pertumbuhan ekonomi global cenderung bias ke bawah dari perkiraan semula disertai dengan masih tingginya risiko di pasar keuangan global.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan potensi bias ke bawah tersebut terutama didorong oleh perkiraan pertumbuhan ekonomi AS yang tidak sekuat proyeksi sebelumnya, seiring dengan revisi ke bawah realisasi PDB AS pada kuartal I/2015.

Tekanan terhadap perekonomian AS dipengaruhi oleh penguatan dolar AS yang berdampak pada menurunnya kinerja sektor eksternal serta melemahnya investasi, khususnya di bidang energi.

"Hal ini mendorong terus berlanjutnya ketidakpastian kenaikan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) di AS baik dari sisi waktu maupun besarannya," ujarnya saat konfersi pers di Gedung BI, Kamis (18/6/2015).

Dia menambahkan perlambatan ekonomi juga dialami Tiongkok, meskipun telah dilakukan berbagai kebijakan pelonggaran untuk menahan perlambatan ekonominya.

Perekonomian Eropa juga diperkirakan membaik ditopang pelonggaran kondisi moneter dan keuangan yang cukup efektif, meskipun dibayangi risiko terkait dengan tingginya kekhawatiran kondisi negosiasi fiskal Yunani (Grexit).

"Perekonomian dunia yang melambat berdampak pada harga komoditas internasional yang masih terus menurun, meskipun harga minyak dunia mulai meningkat secara gradual," katanya.

Sejalan dengan risiko Grexit dan ketidakpastian kenaikan suku bunga FFR di Amerika, tambah Tirta, risiko di pasar keuangan global masih cukup tinggi yang berpotensi mendorong tekanan pembalikan modal portfolio dari emerging markets, termasuk dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper