Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKUTAN LEBARAN: Kapasitas Penumpang Garuda Indonesia Naik 15%

Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memperkirakan akan terjadi kenaikan kapasitas penumpang hingga 15% pada momentum mudik lebaran tahun ini
Garuda Indonesia/Antara
Garuda Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. memperkirakan akan terjadi kenaikan kapasitas penumpang hingga 15% pada momentum mudik lebaran tahun ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Muhammad Arif Wibowo mengatakan lebaran tahun ini akan tiba bersamaan dengan momentum libur panjang sekolah. Sejumlah rute mudik diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah penumpang.

"Rute pemudik ke Jawa terutama Jakarta ke Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya. Kemudian Makassar, Medan, dan rute-rute lain menjadi bagian penting dalam melihat arus mudik," ungkapnya, Jumat (15/5/2015).

Tidak hanya itu, sambungnya, rute-rute selain arus mudik juga diprediksi bakal terjadi peningkatan jumlah penumpang. Terutama pada rute destinasi leasure yang potensial sebagai daerah tujuan wisata.

Dia mencontohkan, rute leasure yang akan menjadi primadona diantaranya Denpasar, Yogyakarta, Singapura, dan rute-rute lainnya.

Maskapai penerbangan berkode saham GIAA tersebut memastikan tidak akan memberlakukan kenaikan tarif khusus lebaran. Tetapi, perseroan hanya akan mengikuti regulasi tarif batas atas yang diberlakukan oleh pemerintah.

Sepanjang tahun ini, manajemen optimistis dapat mengangkut 24,7 juta-25,8 juta penumpang, tumbuh 15%-20% dari realisasi tahun lalu 21,5 juta penumpang. Jumlah armada yang dioperasikan ditargetkan dapat bertambah hingga 190 unit dengan rata-rata umur pesawat 4,3 tahun.

Pada tahun ini, Garuda membidik target untuk mendatangkan 18 unit pesawat baru yang sebanyak 5 unit telah tiba pada kuartal I/2015. Belanja modal (capital expenditure/capex) hingga akhir tahun dialokasikan sebesar US$130 juta.

Manajemen juga optimistis dapat meraup pertumbuhan pendapatan penumpang per kilometer (revenue passenger kilometer/RPK) sekitar 15%-20%. Pertumbuhan kemampuan pesawat dalam mengangkut penumpang (available seat kilometer/ASK) ditargetkan meningkat sebesar 10%-12% sepanjang tahun ini.

Hingga kuartal I/2015, total penumpang yang mampu diangkut Group Garuda Indonesia mencapai 7,6 juta. Jumlah tersebut naik 18.3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya 6,42 juta penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper