Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Petikemas Semarang Capai Peak Season pada April

Aktivitas Terminal Petikemas Semarang (TPKS) mencapai puncaknya pada April, dengan capaian rekor tertinggi sepanjang tahun kalender 2015.

Bisnis.com, SURABAYA – Aktivitas Terminal Petikemas Semarang (TPKS) mencapai puncaknya pada April, dengan capaian rekor tertinggi sepanjang tahun kalender 2015.

Pada bulan itu, TPKS berhasil melakukan container handling sebanyak 32.808 boks atau 54.263 dalam hitungan TEUs (twenty feet equivalent unit), lebih tinggi dari capaian bulan Januari-Maret 2015 yang berturut-turut sebesar 52.308 TEUs, 47.759 TEUs, dan 51,397 TEUs.

Capaian April tersebut terdiri atas komposisi handling sebanyak 37,7% berupa petikemas ekspor, sebanyak 60,4% merupakan petikemas impor, dan 1,9% arus petikemas dari perdagangan domestik dari atau ke Semarang dan sekitarnya melalui TPKS.

Manager Operasi TPKS yang juga Plh. General Manager TPKS Edy Sulaksono mengatakan capaian tinggi ini memang sudah tren tahunan, tapi memang pada April tahun ini TPKS capai produksi tertinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

”TPKS secara umum memang selalu mengalami high season di sekitaran bulan April dan Mei tiap tahunnya,” ujar Edy, Rabu (6/5/2015).

Menurut Edy, kenaikan produksi handling petikemas pada bulan April lalu lebih dikarenakan adanya peningkatan dari nilai total impor komoditas kedelai.

Di lain pihak, Asisten Manager Operasi Terminal Purwanto Wahyu mengatakan bahwa high season TPKS yang terjadi bersamaan dengan curah hujan yang tinggi di Kota Semarang ini, pelayanan operasional 24/7 TPKS tetap bisa terjaga dan terkendali dengan baik, container handling, receiving and delivery process lancar.

“Ini terbukti produksi mencapai titik tertinggi di April dan TPKS juga zero accident” jelas Purwanto.

Asisten Manager Perencanaan Operasi TPKS, Oko Putra Prasetya ikut menambahkan bahwa terkait dengan pelayanan prima kepada para pengguna jasa, TPKS sedianya mulai Juni 2015 ini akan melaksanakan percobaan pelaksanaan Job Order Online.

Para pengguna jasa TPKS tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke kantor TPKS untuk mengajukan permohonan pelayanan handling  petikemas ekspor, impor, dan domestik.

“Cukup dengan melakukan login di website tpks.co.id, sesuai dengan ID akun dan password yang telah diberikan, para pengguna jasa TPKS bisa melakukan input data dan permohonan handling petikemas secara real-time, dan tidak terbatas waktu karena bisa 24/7.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper