Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demo Pekerja, Freeport Lumpuh

Demo pekerja di Rigde Camp, Mile 72, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua akhirnya membuat operasi penambangan bijih di tambang terbuka Grasberg lumpuh.

Bisnis.com JAKARTA - Demo pekerja di Rigde Camp, Mile 72, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua akhirnya membuat operasi penambangan bijih di tambang terbuka Grasberg lumpuh.

Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Susigit mengungkapkan aksi yang terjadi pada Senin (16/3/2015) tersebut mengakibatkan terhentinya kegiatan tambang karena akses karyawan ke tambang tertutup.

"Kini PT Freeport Indonesia masih melakukan negosiasi perihal tuntutan dan meminta pendemo untuk memperkenankan karyawan tambang menuju lokasi tambang unt kegiatan penambangan dan perawatan," ujarnya, Selasa (17/3/2015).

Namun, lanjutnya, pihaknya belum menerima laporan lengkap dari manajemen Freeport Indonesia. "Belum disampaikan tetatpi mulai kemarin pagi menginformasikan lewat pesan singkat."

Bisnis mencatat, pekerja tambang melakukan unjuk rasa memblokade jalan tambang di Mile 72, Ridge Camp.

Area ini, merupakan tempat tinggal dan peristirahatan bagi karyawan yang beroperasi baik di Grasberg maupun tambang bawah tanah. Biasanya, area ini merupakan shelter bagi karyawan untuk naik bus menuju tambang bawah tanah.

Pekerja tambang mulai melakukan unjuk rasa sekitar pukul 05.40 WIT pada Senin (16/3/2015) dengan melintangkan alat berat untuk memblokade jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper