Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fuhai Tertarik Bangun Smelter Tembaga di Indonesia

Perusahaan asal China, Fuhai Group Limited dikabarkan juga tertarik untuk berinvestasi dalam pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga katoda di Indonesia.
Suasana di dalam pabrik peleburan (smelter)/Ilustrasi-Bisnis
Suasana di dalam pabrik peleburan (smelter)/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asal China, Fuhai Group Limited, dikabarkan juga tertarik untuk berinvestasi dalam pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga katoda di Indonesia.

Saat ini, perusahaan mengembangkan smelter besi wantah atau pig iron dari konsentrat pasir besi melalui PT Megatop Inti Selaras.

Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan perusahaan asal China itu pada dasarnya tertarik untuk mengembangkan baja dan kawasan industri di Jambi.

"Mereka juga tertarik mengembangkan smelter tembaga katoda, nikel, dan alumina," ujarnya, Selasa (17/3/2015).

Ketertarikan itu diungkapkan perusahaan saat pihaknya berkunjung pada akhir pekan lalu di fasilitas produksi perusahaan di Negeri Tirai Bambu.

Selain smelter tembaga katoda, lanjutnya, perusahaan juga ingin mengembangkan refinery alumina di Indonesia. "Khusus untuk alumina, manajemennya sudah berpengalaman," ujarnya.

Bisnis mencatat, smelter besi wantah atau pig iron dari konsentrat pasir besi milik PT Megatop Inti Selaras bakal beroperasi pada akhir 2016.

Proyek itu berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, yang konstruksinya telah dimulai sejak Januari 2013. Sekadar informasi, PT Megatop Inti Selaras merupakan bagian dari perusahaan asal China, Fuhai Group Limited.

Dalam dokumen pertemuan antara Menteri ESDM dengan pimpinan Fuhai Group menyebutkan Megatop Inti Selaras menggelontorkan investasi untuk smelter itu sebesar US$200 juta dengan biaya modal (capital expenditure/capex) sebesar US$73 juta.

Smelter itu membutuhkan tenaga listrik sebesar 15 megawatt yang akan diperoleh dari generator. Kini, kegiatan konstruksi yang tengah berlangsung meliputi pengadaan, konstruksi, instalasi, pabrik pra-pemrosesan, bengkel produksi proses utama, bengkel produksi proses tambahan dan fasilitas pabrik.

Perusahaan akan menggunakan teknologi reduksi langsung (HiSmelt) yaitu teknologi reduksi yang telah mempunyai hak paten atas kemampuannya untuk memisahkan titanium dari pasir besi pada tungku peleburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper