Kebocoran SIM Card, Lima Operator Sudah Sampaikan Laporan ke BRTI

News Editor
Selasa, 17 Maret 2015 | 20:59 WIB
Operator XL Axiata/Jibi
Operator XL Axiata/Jibi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lima operator telah menyampaikan hasil investigasi internal mereka terkait isu penyadapan Sim-Card ke Badan Regulasi Teknologi Indonesia (BRTI).

"Hasilnya mereka menyatakan tidak menemukan adanya kebocoran pada Sim-Card mereka," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu, Selasa (17/3).

BRTI sebelumnya telah meminta semua penyelenggara jaringan bergerak seluler (operator) untuk melakukan investigasi internal sehubungan dengan isu dugaan penyadapan yang dilakukan badan intelijen Amerika Serikat National Security Agency (NSA) dan badan intelijen Inggris Government Communication Headquarter (GCHQ), melalui produk Sim-Card yang dikeluarkan oleh perusahaan asal Belanda, Gemalto N.V.

Hal itu, berdasarkan dokumen yang dirilis oleh Edward Snowden. Menurut dokumen tersebut, NSA dan GCHQ memiliki kunci untuk membongkar pengamanan pada kartu SIM itu.

Lima penyelenggara jaringan bergerak seluler (operator) yang telah melaporkan hasil investigasinya kepada BRTI yaitu PT Hutchison 3 Indonesia (3), PT XL Axiata (XL), PT Indosat (Indosat), PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (Ceria), dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Dari lima operator tersebut, menurut Ismail, empat diantaranya menggunakan produk Sim-Card dari Gemalto N.V. "Telkomsel, XL, Hutchinson 3, Indosat," katanya.

Ismail menambahkan para operator juga menjamin bahwa penyedia Sim-Card yang mereka gunakan telah memenuhi GSM Security Standard.

Menurut dia, dua operator yaitu B-Tel dan Smartfren masih belum melaporkan hasil investigasinya. "Kita masih menunggu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper