Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELATIHAN WIRAUSAHA: Bidik Keluarga Petani dan Nelayan di 4 Provinsi

Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan program pelatihan kewirausahaan yang ditujukan bagi keluarga petani dan nelayan di empat provinsi di Indonesia.
Nelayan mendapat pelatihan wirausaha/Antara
Nelayan mendapat pelatihan wirausaha/Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan program pelatihan kewirausahaan yang ditujukan bagi keluarga petani dan nelayan di empat provinsi di Indonesia. 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetyo mengatakan pihaknya memulai program pelatihan kewirausahaan bagi keluarga petani dan nelayan di empat provinsi yang telah diidentifikasi potensial.

"Kami melakukan identifikasi di empat provinsi sampel yakni di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten," katanya, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, program pelatihan yang akan digelar di Jawa Tengah meliputi beberapa Kabupaten di antaranya Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Tegal.

Sementara, di Provinsi Jawa Timur akan digelar di Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Banyuwangi. Di Jawa Barat, pelatihan serupa akan dilaksanakan di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Sukabumi.

"Kalau di Provinsi Banten akan dilaksanakan di Kabupaten Tangerang," katanya.

Ke depan, Kemenkop UKM akan memperluas pelaksanaan program di provinsi-provinsi lain. Untuk tahap awal Prakoso berencana untuk menyasar program ini kepada Keluarga Nelayan sebanyak 5.000 orang, Keluarga Petani juga 5.000 orang, Pelaku UKM di sentra berbasis budaya lokal, Pengangguran Sementara, dan Anggota Koperasi/Pra Koperasi.

"Masyarakat keluarga petani dan nelayan juga berkesempatan mendapatkan bantuan permodalan bagi Wirausaha Pemula sebesar maksimal Rp25 juta," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper