PELATIHAN WIRAUSAHA: Bidik Keluarga Petani dan Nelayan di 4 Provinsi

Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan program pelatihan kewirausahaan yang ditujukan bagi keluarga petani dan nelayan di empat provinsi di Indonesia.
Feni Freycinetia Fitriani | 02 Maret 2015 12:51 WIB
Nelayan mendapat pelatihan wirausaha - Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan program pelatihan kewirausahaan yang ditujukan bagi keluarga petani dan nelayan di empat provinsi di Indonesia. 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetyo mengatakan pihaknya memulai program pelatihan kewirausahaan bagi keluarga petani dan nelayan di empat provinsi yang telah diidentifikasi potensial.

"Kami melakukan identifikasi di empat provinsi sampel yakni di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Banten," katanya, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, program pelatihan yang akan digelar di Jawa Tengah meliputi beberapa Kabupaten di antaranya Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Tegal.

Sementara, di Provinsi Jawa Timur akan digelar di Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Banyuwangi. Di Jawa Barat, pelatihan serupa akan dilaksanakan di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Sukabumi.

"Kalau di Provinsi Banten akan dilaksanakan di Kabupaten Tangerang," katanya.

Ke depan, Kemenkop UKM akan memperluas pelaksanaan program di provinsi-provinsi lain. Untuk tahap awal Prakoso berencana untuk menyasar program ini kepada Keluarga Nelayan sebanyak 5.000 orang, Keluarga Petani juga 5.000 orang, Pelaku UKM di sentra berbasis budaya lokal, Pengangguran Sementara, dan Anggota Koperasi/Pra Koperasi.

"Masyarakat keluarga petani dan nelayan juga berkesempatan mendapatkan bantuan permodalan bagi Wirausaha Pemula sebesar maksimal Rp25 juta," katanya.

 

Tag : wirausaha
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top