Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Jalan Lingkar Luar Semarang Ditargetkan Jadi Tol

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V menegaskan rencana pengembangan jalur lingkar Semarang atau Semarang Outer Ring Road (SORR) akan direalisasikan dalam konsep tol guna mendukung aksesibilitas jalan darat di Jawa Tengah.
Proyek jalan tol Semarang-Solo/Bisnis
Proyek jalan tol Semarang-Solo/Bisnis

Bisnis.com, SEMARANG - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V menegaskan rencana pengembangan jalur lingkar Semarang atau Semarang Outer Ring Road (SORR) akan direalisasikan dalam konsep tol guna mendukung aksesibilitas jalan darat di Jawa Tengah.

Kepala BBPJN V Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hedy Rahadian mengungkapkan pihaknya telah memasukkan SORR ke dalam masterplan sebagai jalan bebas hambatan. Penetapan tersebut, jelasnya, dilakukan guna mendukung akses Tol Semarang-Solo yang sebagian sudah direalisasikan.

“Konsepnya dalam masterplan kami itu jalan tol sehingga akan ada jalinan tol yang menjadi backbone di wilayah Jateng dan pulau Jawa pada umumnya,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (24/2/2015).

Hedy menuturkan proyek itu telah terdaftar dalam pipeline pengembangan proyek pemerintah pusat. Dia menyatakan adanya kemungkinan proyek tersebut dimasukkan dalam rencana strategis pemerintah. Namun, penetapan waktu realisasi pengembangan akses tersebut masih akan ditentukan kemudian.

Walaupun begitu, Hedy mengatakan pihaknya akan terus mendorong upaya Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk merealisasikan SORR. Pasalnya, waktu perjalanan atau travel time di pulau Jawa relatif sangat jauh dibandingkan dengan negara lain.

“Sekarang travel time di Jawa sangat buruk, yakni 2,7 km per jam. Padahal di negara lain 1,5 jam per km,” ujarnya.

Hedy menuturkan SORR merupakan bagian dari upaya pemerintah mengembangkan jalan lingkar di sejumlah wilayah. Realisasi pengembangan jalan lingkar bebas hambatan juga akan didorong di Yogyakarta dan di Surabaya.

Di Jawa Tengah, lanjutnya, pengembangan SORR dan jalan lingkar di Yogyakarta akan memberikan menghubungkan akses bebas hambatan alternatif di wilayah selatan.

“Pengembangan jalan radial yang jadi concern kami ada di Semarang dan Yogyakarta. Kalau di Jawa Timur ada di Surabaya dan sudah mendekati eksekusi pengembangan,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper