Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Orang Terkaya Dunia Jadi 2.089: Bill Gates Teratas, Mark Zuckerberg Masuk 10 Besar

Kekayaan Bill Gates, Carlos Slim dan Warren Buffett melonjak 52 miliar dolar AS atau bertambah sekitar US$100.000 per menit menit pada tahun lalu. Rekor kekayaan gabungan mereka bertiga mencapai US$244 miliar.
Bill Gates dan Carlos Slim
Bill Gates dan Carlos Slim

Bisnis.com, JAKARTA - Kekayaan Bill Gates, Carlos Slim dan Warren Buffett melonjak 52 miliar dolar AS atau bertambah sekitar US$100.000 per menit menit pada tahun lalu. Rekor kekayaan gabungan mereka bertiga mencapai US$244 miliar.

AS dan China mendominasi setengah miliarder dunia, India menerobos masuk ke dalam 3 teratas untuk pertama kalinya, dan Indonesia menempatkan 24 orang terkaya ke dalam daftar Hurun Global Rich List 2015, yang dirilis di Beijing, 3 Februari lalu.

Berikut Temuan-temuan penting dari Hurun Rich List 2015:

  • Miliarder dunia bertambah 222 menjadi 2.089 orang. Meskipun demikian, total kekayaan turun 1,5% menjadi US$6,7 triliun. Penurunan itu lebih besar dari nilai ekonomi gabungan Jepang dan Korea Selatan.
  • 649 miliarder mengalami kenaikan kekayaan dan terdapat 341 wajah baru dan 230 tetap. Kekayaan 869 miliarder mengalami penurunan dimana 95 keluar dari daftar tahun lalu, dan 10 pengusaha Rusia terbanyak keluar.
  • Runtuhnya Rubel Rusia dan penurunan harga minyak telah menyebabkan 60% miliarder Rusia mengalami penurunan kekayaan, dipimpin oleh Vladimir Yevtushenkov dan Vagit Alekperov dari Lukoil, yang kekayaannya turun masing-masing 77% dan 73%.
  • AS dan China mendominasi dengan 537 dan 430 miliarder, yang menguasai setengah dari daftar Hurun. Pendorong utamanya adalah booming pasar saham mengantarkan 72 wajah baru dari China ke dalam daftar miliarder, diikuti oleh AS dengan 56 wajah baru. India menempatkan 27 wajah baru dan memasukkan 3 teratas untuk pertama kalinya menggantikan Rusia.
  • Bill Gates (59 tahun) tetap menempati posisi teratas dengan kekayaan US$85 miliar, diikuti Carlos Slim dengan kekayaan US$83 miliar. Warren Buffett di tempat ketiga dengan harta US$76 miliar.
  • Top miliarder dunia disumbang kota New York, disusul 5 kota besar China yang menempatkan 10 miliarder teratas, yakni Hong Kong, Beijing, Shenzhen , Taipei dan Shanghai.
  • Untuk tahun kedua, teknologi menjadi sumber utama kekayaan, disusul real estate, manufaktur, investasi dan ritel. Mark Zuckerberg (30), menerobos masuk ke dalam 10 miliarder terkaya.
  • Raja energi baru Li Hejun (48), adalah orang terkaya China dengan harta US$26 miliar. Wang Jianlin kembali naik setelah bisnis real estate dan unit bioskop bangkit, dan Jack Ma di tempat ketiga setelah penurunan harga saham Alibaba.
  • Pasar modal China menarik banyak miliarder ketimbang AS, untuk tahun ketiga
  • 529 miliarder asal China, mencakup 23% dari total.
  • Rata-rata usia miliarder dunia adalah 64, sama seperti tahun lalu.

Hurun Global Rich List 2015 adalah laporan peringkat miliarder dunia berbasis dolar AS yang dirilis di Beijing 3 Februari 2015. Perhitungan kekayaan terakhir adalah tanggal 17 Januari 2015, dan pergerakan saham antara tanggal cut-off dan tanggal rilis sudah diperhitungkan ke dalam kalkulasi kekayaan. Rilis tahun ini disponsori oleh developer rumah mewah China, Star River Properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper