Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS: Produksi Manufaktur di Sultra Naik 10,43%

Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang di Provinsi Sulawesi Tenggara pada triwulan IV-2014 meningkat 10,43% dibandingkan dengan periode yang sama 2013.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, KENDARI - Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang di Provinsi Sulawesi Tenggara pada triwulan IV-2014 meningkat 10,43% dibandingkan dengan periode yang sama 2013.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tenggara (Sultra), Adi Nugroho, mengatakan peningkatan tersebut didukung kenaikan produksi industri makanan yang cukup signifikan, yakni 11,70%

"Dalam halnya industri kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya mengalami kenaikan 2,31%," katanya di Kendari, Rabu (4/2/205) .

Selain itu, pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil triwulan IV-2014 naik sebesar 7,89%. Kenaikan tersebut terutama disebabkan naiknya produksi furnitur 27,90%, industri mesin dan perlengkapan 21,76%, dan industri bahan kimia 21,58%.

"Kemudian barang galian bukan logam naik 18,93%. Tekstil naik 18,04%, makanan naik 5,90% dan minuman naik sebesar 2,51%," katanya.

Sedangkan jenis-jenis industri manufaktur mikro dan kecil yang produksinya melemah adalah industri pakaian jadi turun 38,24%, industri alat angkutan lainnya turun 2,93%, dan industri barang logam, bukan mesin dan peralatan turun 21,32%.

"Selanjutnya industri kayu, barang dari kayu, barang dari kayu dan bukan gabus (tidak termasuk furniture) serta barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya turun 16,79% dan percetakan reproduksi media," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper