EKONOMI CHINA: PMI Januari Turun Ke 49,8

Indeks Purchasing Managers resmi China turun ke 49,8 selama Januari atau terendah sejak September 2012 selain di bawah level 50 yang memisahkan angka pertumbuhan dan kontraksi per bulan.
John Andhi Oktaveri | 02 Februari 2015 09:21 WIB
China - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTAS—Indeks Purchasing Managers resmi China turun ke 49,8 selama Januari atau terendah sejak September 2012 selain di bawah level 50 yang memisahkan angka pertumbuhan dan kontraksi per bulan.

Laporan soal indeks tersebut muncul setelah laporan produk domestik bruto AS kuartal keempat AS keluar pada Jumat lalu. Pertumbuhan ekonomi AS dilaporkan melambat tajam akibat rendahnya belanja perusahaan, sedangkan defisit perdagangan yang melebar mengimbangi lonjakan belanja konsumen.

Sektor manufaktur China tanpa diduga merosot untuk pertama kalinya dalam kurun hampir dua setengah tahun pada bulan lalu. Sedangkan sejumlah perusahaan menilai akan lebih banyak masa suram ke depan, menurut sejumlah survei sebagaimana dikutip Reuters, Senin (2/2/2015).

"Kombinasi melemahnya data AS dan data manufaktur China yang mengecewakan selain kenyataan di Yunani akan memicu sentimen risiko di Asia,” menurut pernyataan Westpac Global Strategy Group.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
manufaktur, ekonomi china

Sumber : Reuters

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top