Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Bantu 14.000 Induk Sapi untuk Kaltim

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, tahun anggaran 2015 memberikan bantuan 14.000 ekor sapi indukan untuk sejumlah kelompok ternak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Bisnis.com, SAMARINDA--Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, tahun anggaran 2015 memberikan bantuan 14.000 ekor sapi indukan untuk sejumlah kelompok ternak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Jumlah tersebut terbagi menjadi dua jenis, yakni sapi indukan jenis Brahman Cross (BC) sebanyak 10.000 ekor, kemudian indukan sapi Bali sebanyak 4.000 ekor," ucap Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kaltim Dadang Sudarya, tulis Antara, Minggu.

Sapi-sapi tersebut akan diberikan kepada masing-masing kelompok ternak yang berada di kabupaten dan kota, antara lain sebanyak 2.500 ekor untuk kelompok peternak di Kabupaten Paser, baik melalui program integrasi sapi-sawit, maupun program pengembangan ternak.

Menurut dia, bantuan diberikan karena pemerintah pusat mendukung program yang ditetapkan Pemprov Kaltim, yakni Kaltim ingin mewujudkan populasi dua juta ekor sapi pada 2018, sehingga mulai 2013 lalu berbagai upaya telah ditempuh untuk merealisasikan keinginan itu.

Upaya mewujudkan populasi sapi mencapai dua juta ekor pada 2018 itu bukan hanya dilakukan oleh Pemprov Kaltim sendiri, tetapi juga oleh 14 kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim dan Kaltara, dibantu pemerintah pusat, serta dibantu perusahaan sawit dan pertambangan, termasuk bantuan dari perbankan melalui kredit untuk peternak.

Dukungan untuk mewujudkan target dua juta ekor sapi itu antara lain dari pemerintah pusat melalui APBN dari pos Kementerian Pertanian sekitar 25.000 ekor, dari APBD Provinsi Kaltim sekitar 50.000 ekor sapi.

Kemudian dari APBD di kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim dan Provinsi Kaltara sebanyak 150.000 ekor, dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim melalui Kredit Ternak Sejahtera untuk membiayai pembelian sekitar 250.000 ekor sapi.

Selanjutnya dari Gabungan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Kaltim sebanyak 1.125.000 ekor, dari perusahaan tambang melalui tanggung jawab sosial atau Coorporate Social Responsibility (CSR) sebanyak 250.000 ekor, kredit dari BRI 150.000 ekor, dan sisanya kredit dari BNI.

Khusus pada 2014 saja, BPD Kaltim mengalokasikan kredit ternak sejahtera untuk membiayai 250 ekor sapi, kemudian dari BRI dan BNI menyalurkan kredit untuk pengadaan 250 ekor sapi bagi kelompok ternak.

"Kami berharap semua dukungan itu bisa berjalan mulus hingga 2018. Kemudian sapi-sapi yang sudah diterima peternak bisa terus beranak-pinak tiap tahun, sehingga populasinya terus bertambah agar Kaltim bisa menjadi produsen sapi," kata Dadang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper