Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IZIN INVESTASI: BKPM Siapkan Layanan One Stop Service

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyiapkan aturan untuk melaksanakan layanan one stop service dalam kepengurusan izin investasi di dalam negeri.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyiapkan aturan untuk melaksanakan layanan one stop service dalam kepengurusan izin investasi di dalam negeri.

Franky Sibarani, Kepala BKPM, mengatakan pelayanan terpadu satu atap (PTSP) saat ini belum mengakomodir layanan one stop service, karena investor masih mengurus setiap izin di loket yang berbeda.

"Sementara masih begitu [setiap izin diurus di loket berbeda], tetapi sedang kami susun business process-nya. Jadi kalau masuk ke BKPM, kemudian bisa untuk izin ke kementerian lain," katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Senin (19/1/2015).

Franky menuturkan aturan untuk layanan one stop service sektor kelistrikan sudah hampir selesai dibahas. Aturan tersebut bukan hanya mengatur proses perizinan, tetapi juga memangkas perizinan yang dianggap tidak perlu.

Menurutnya, BKPM juga akan mengevaluasi uji coba penerapan PTSP yang dibuka 15 Januari 2015.

Pasalnya, PTSP tersebut akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Januari 2015.

"PTSP dapat mempercepat proses perizinan. Kalau misalnya ada izin yang berdasarkan SOP [standar operasional dan prosedur] prosesnya 15 hari, itu bisa dipercepat," ujarnya.

Selama ini rumitnya perizinan untuk berinvestasi di dalam negeri menjadi masalah yang paling banyak dikeluhkan.

Investor kerap harus mengurus izin di banyak tempat dengan waktu yang lama, sementara perusahaannya sudah memiliki perencanaan yang tidak dapat diundur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper