Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penghapusan Bensin RON 88 Butuh Lima Bulan

Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi bersikukuh penghapusan bensin berbilangan oktan (research octane number/RON) 88membutuhkan waktu enam bulan kendati Menteri ESDM memberikan waktu dua tahun.

Bisnis.com, JAKARTA—Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi bersikukuh penghapusan bensin berbilangan oktan (research octane number/RON) 88membutuhkan waktu enam bulan kendati Menteri ESDM memberikan waktu dua tahun.

Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri mengatakan waktu yang diberikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada PT Pertamina (Persero) selama dua tahun merupakan durasi maksimal penghapusan RON 88.

“Itu kan maksimum [dua tahun],” katanya di Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Menurutnya, penghapusan bensin RON 88 bisa dilakukan tanpa melakukan peningkatan spesifikasi kilang milik Pertamina. Pencampuran methyl tertiary butyl ether (MTBE) dengan nafta yang dihasilkan kilang Pertamina bisa menciptakan bensin RON 92 atau setara Pertamax.

Dia menjelaskan proses pencampuran bisa dilakukan di storage yang saat ini digunakan untuk menyimpan premium. “Bisa dicampur di tangki, namun RON 88 harus dikuras habis supaya RON 92 bisa masuk,” jelasnya.

Menurutnya, teknis pengosongan tanki membutuhkan waktu kurang dari lima bulan. Apalagi, saat ini Pertamina telah menghentikan kontrak baru impor RON 88.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper