XL Fokus Gunakan Sistem 360 Degree

PT XL Axiata Tbk. (XL) akan fokus melakukan langkah perubahan dan strategi pengembangan usaha, khususnya di area North dengan menggunakan sistem 360 degree mulai tahun ini.
Wiwiek Dwi Endah | 07 Januari 2015 17:58 WIB

Bisnis.com, MAKASSAR – PT XL Axiata Tbk. (XL) akan fokus melakukan langkah perubahan dan strategi pengembangan usaha, khususnya di area North dengan menggunakan sistem 360 degree mulai tahun ini.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan mulai tahun ini dan kedepannya, pihaknya akan menggunakan sistem 360 degree untuk melihat secara lebih mikro semua area yang memiliki potensi.

“Misalnya melihat pertumbuhan pasarnya, demand-nya cukup besar atau tidak, kemudian kemampuan infrastrukturnya bagaimana. Nah, dari situ baru dilihat berapa besar kebutuhan investasi untuk masing-masing area,” jelas Hasnul di sela-sela sharing session dengan media melalui videoconference, Rabu (7/1/2015).     

Sebelumnya, Vice President XL North Region Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan tahun ini perseroan akan meningkatkan lebih dari 50% nilai investasinya di area North, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya seiring pencapaian kinerja yang cukup baik pada 2014.

Meski begitu, dia belum bisa menyebutkan berapa total jumlah revenue atau pendapatan yang diperoleh perusahaannya di tahun lalu dan berapa nilai investasi yang bakal dikucurkan untuk area North di 2015 ini.

"Tahun lalu revenue kami tercapai 100%. Melihat pencapaian tersebut, maka tahun ini manajemen akan memberikan investasi yang cukup besar untuk North Region. Adapun, target kami tahun ini 1 : 1, yaitu di mana ada BTS 2G di situ juga akan ada 3G," kata Francky beberapa waktu lalu.

Sementara itu, GM Finance & Managements Service XL North Region Mozes Haryanto Baottong mengungkapkan, saat ini pihaknya memiliki total 3.600 Base Transceiver Station (BTS) yang eksisting di area North yang meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.  

Dari total jumlah tersebut, sekitar 30% adalah BTS 3G dan sisanya 2G. Pihaknya berencana, pada semester I/2015 sudah bisa menggelar 4G-LTE, khususnya di area-area yang telah memiliki jangkauan 3G atau fokus pada titik-titik tertentu, utamanya di Kota Makassar dan Banjarmasin.

Dia juga menambahkan bahwa investasi yang bakal dikucurkan perusahaannya di tahun ini akan difokuskan untuk penambahan beberapa BTS, guna memerkuat layanan di area North.

Namun, dirinya juga belum bisa menyebutkan berapa total BTS yang akan dibangun pada tahun ini, termasuk jumlah BTS 4G-LTE.
“Untuk 4G-LTE kami masih harus melihat pasar atau pengguna 4G terlebih dahulu. Berapa banyak pengguna 4G, khususnya di Makassar dan Banjarmasin, dari situ baru kami bisa tentukan berapa BTS yang akan dibangun,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, teknologi informasi

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top