Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KBRI Myanmar Fasilitasi Kerja Sama Bisnis dan Investasi

Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Myanmar menggelar Business Matching yang mempertemukan pengusaha Indonesia dan Myanmar guna membuka peluang kerja sama antara pengusaha kedua negara.
Duta Besar RI untuk Myanmar Ito Sumardi memberikan sambutan dalam acara Business Matching yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Myanmar  dalam rangka perayaan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Myanmar, di Yangon, Myanmar, Jumat  (19/12/2014)./
Duta Besar RI untuk Myanmar Ito Sumardi memberikan sambutan dalam acara Business Matching yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Myanmar dalam rangka perayaan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Myanmar, di Yangon, Myanmar, Jumat (19/12/2014)./

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Myanmar menggelar Business Matching yang mempertemukan pengusaha Indonesia dan Myanmar guna membuka peluang kerja sama antara pengusaha kedua negara.

Acara tersebut digelar dalam rangka perayaan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Myanmar, di Yangon, Myanmar, Jumat (19/12/2014).

Selain dihadiri oleh Vice Presiden Badan Penanaman Investasi Myanmar Zaw Min Win, acara itu juga diikuti 100 orang pengusaha Myanmar dari 58 perusahaan, sejumlah perusahaan BUMN dan tak kurang dari 15 perusahaan Indonesia baik yang berdomisili di Myanmar maupun yang datang langsung dari Indonesia. 

"Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kerja sama antara kedua negara di bidang ekonomi, terutama perdagangan dan investasi," ujar Duta Besar RI untuk Myanmar Ito Sumardi dalam siaran pers, Sabtu (21/12/2014).

Kerja sama yang makin kuat antara kedua negara, melalui masuknya BUMN ataupun perusahaan lainnya, Ito optimistis investasi pengusaha asal Indonesia di Myanmar akan meningkat.

"Dalam segi bisnis, investasi Indonesia di Myanmar baru senilai US$600 juta, pada 2016 kami targetkan dapat mencapai US$1 miliar. Saya sangat optimistis setelah pertemuan tersebut, karena sudah ada beberapa perusahaan indonesia yang akan bekerja sama dengan perusahaan di Myanmar," ujarnya.

Ito menyebutkan bahwa Myanmar memiliki banyak potensi dan peluang besar di sejumlah sektor seperti infrastruktur, konstruksi, telekomunikasi, pertambangan dan energi, industri, pertanian, dan lainnya, yang dapat dimanfaatkan oleh investor dari Indonesia untuk mengembangkan usahanya. 

"Kekayaan alam di sini luar biasa dan belum terolah secara optimal, selain itu Myanmar mempunyai peraturan pajak yang sangat menarik yang sangat menguntungkan bagi pengusaha, tidak ada masalah pertanahan karena tanah dikuasai oleh pemerintah dan mereka juga mempunyai regulasi yang menyatakan tidak akan ada nasionalisasi," ujarnya.

Kegiatan semacam ini, lanjut Ito, menegaskan komitmen KBRI Myanmar untuk selalu berusaha memfasilitasi hubungan kerja sama bisnis antara indonesia dan Myanmar. "Karena fungsi KBRI selain melindungi Warga Negara Indonesia, juga memfasilitasi investasi Indonesia di Myanmar," kata Ito.

Selain menjalin kerja sama bisnis, perayaan hubungan bilateral Indonesia-Myanmar juga dilanjutkan dengan acara budaya. Pada Jumat (19/12/2014), KBRI Myanmar menggelar pertunjukan budaya yang diisi oleh artis-artis Indonesia dari ABM Entertainment, antara lain A+ yang akan membawakan lagu-lagu daerah Indonesia, Dua Kobra yang membawakan dangdut, dan pertunjukan angklung dari Saung Ujo.

Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa menteri dan wakil menteri berbagai kementerian di Myanmar, 12 Duta Besar berbagai negara di Myanmar, kalangan pengusaha dan masyarakat setempat, serta Warga Negara Indonesia yang tinggal di Myanmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper