Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MINYAK SAWIT: Penjualan Gozco Bertumbuh 38%, Simak Penyebabnya

PT Gozco Plantations Tbk. mengungkapkan penjualan hingga kwartal III tahun ini tercatat Rp365 miliar, atau bertumbuh 38% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp265 miliar.
Bukan hanya faktor biasa. /Bisnis.com
Bukan hanya faktor biasa. /Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - PT Gozco Plantations Tbk.  mengungkapkan penjualan hingga kwartal III tahun ini tercatat Rp365 miliar, atau bertumbuh 38% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp265 miliar.

Direktur Gozco Plantations Yongki Tedja mengatakan mengatakan peningkatan penjualan tersebut disumbang dari penjualan CPO yang naik 35% yakni dari Rp238 miliar menjadi Rp321 miliar, sedangkan penjualan palm kernel (PK) naik 49% dari Rp24 miliar menjadi Rp36 miliar, serta penjualan TBS naik 218%.

Yongki menambahkan pertumbuhan pendapatan tahun ini tidak hanya didorong oleh faktor penjualan CPO, palm kernel dan TBS tetapi juga disebabkan oleh adanya kenaikan harga dari tiga produk tersebut.

Harga jual CPO rata-rata sepanjang 9 bulan ini meningkat 17% menjadi Rp8.442/kg dibandingkan tahun lalu yakni Rp7.208/kg. Sedangkan harga palm kernel rata-rata naik 54% tahun ini yakni Rp5.479/kg dibandingkan tahun lalu yaitu Rp3.565/kg.

Sementara untuk harga jual TBS rata-rata naiknya 36% yakni Rp1.432/kg dibandingkan tahun lalu harganya hanya Rp1.056/kg.

"Biasanya kenaikan harga CPO dipengaruhi oleh stok yang terbatas akibat anomali cuaca," katanya dalam RUPS PT Gozco Plantations Tbk, di Surabaya, Jumat (12/12/2014).

Akan tetapi, lanjutnya, tahun ini lebih banyak dipengaruhi oleh kondisi ekonomi mulai nilai tukar dolar sampai kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang berpengaruh pada biaya angkut buah sawit dari kebun menuju pabrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper