Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASEAN OPEN SKY 2015: Kadin Himbau Maskapai Asing Dan Lokal Diperlakukan Sama

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perhubungan Emirsyah Satar berharap kepada pemerintah menerapkan peraturan yang sama kepada maskapai asing seperti maskapai Indonesia diberlakukan di negara asing pada ASEAN Open Sky 2015 nanti.

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perhubungan Emirsyah Satar berharap kepada pemerintah menerapkan peraturan yang sama kepada maskapai asing seperti maskapai Indonesia diberlakukan di negara asing pada ASEAN Open Sky 2015 nanti.

“Regulasi di Indonesia harus memberlakukan maskapai asing seperti asing memperlakukan maskapai Indonesia di negaranya,” tuturnya Jumat (12/12).

Agar menciptakan iklim usaha yang berdaya saing dengan maskapai dari negara ASEAN lainnya.

Salah-satu peraturan tersebut yakni pembebasan bea masuk komponen pesawat sampai 0% seperti di Singapura.

Pada sisi lain menurutnya penerapan asas cabotage di udara penting dilakukan agar melindungi industri penerbangan lokal. Pemerintah harus mengeluarkan peraturan yang tidak memperbolehkan maskapai asing untuk menerbangi rute-rute domestik di Indonesia.

“Contohnya seperti rute Surabaya ke Jakarta dan masih banyak rute-rute domestik lainnya yang seharusnya didominasi oleh maskapai lokal,” katanya. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fitri Rachmawati
Sumber : Bisnis.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper