Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadiri Kontes di Klaten, Ganjar Kepincut Politik Sapi

Inspirasi datangnya bisa dari mana saja, termasuk dari seekor sapi. Tampaknya seperti itulah terjadi pada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika menghadiri acara Kontes Sapi Lokal di Klaten, Sabtu (22/11/2014).
Ganjar Pranowo. Jawa Tengah masih peringkat kedua terbanyak pemasok sapi. /Bisnis.com
Ganjar Pranowo. Jawa Tengah masih peringkat kedua terbanyak pemasok sapi. /Bisnis.com

Bisnis.com, KLATEN –  Inspirasi datangnya bisa dari mana saja, termasuk dari seekor sapi.Tampaknya seperti itulah terjadi pada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika menghadiri acara Kontes Sapi Lokal di Klaten, Sabtu (22/11/2014).

Ganjar yang duduk di kursi deretan depan di panggung itu tiba-tiba berdiri, setelah di jalan dalam radius sekitar 7 meter terlihat seekor sapi jenis Ongole diarak berlahan oleh sang pemilik. Postur sapinya besar dan gemuk.

Ganjar tampak beberapa kali duduk dan berdiri, hingga giliran terakhir sapi yang dituntun pemiliknya berlalu pergi. Ada 60 sapi pilihan yang lolos seleksi untuk mengikuti  kontes yang diselenggarakan oleh UGM, Pemkab Klaten, dan PT Widodo Makmur Perkasa itu.

“Nanti fotonya langsung saya upload di media sosial. Coba nanti seperti apa tanggapan masyarakat. Saya optimistis. Siapa bilang kita ndak bisa ngurus sapi? Saatnya bicara politik sapi. Bukan politik dagang sapi,” katanya.

Dia mengungkapkan pada Senin (24/11/2014) dirinya akan dipanggil oleh Presiden Jokowi, dan acara kontes sapi bisa menjadi inspirasi upaya mewujudkan ketahanan pangan, terutama swasembada daging sapi.

Jawa Tengah saat ini menjadi provinsi penyedia sapi terbanyak kedua setelah Jawa Timur. Dengan potensi yang dimiliki serta strategi ABG yang melibatkan dunia academic, business, dan government  sangat mungkin Jawa Tengah menjadi peringat pertama.

Terkait dengan dukungan kebijakan untuk pengembangan sapi, dia mengatakan, “Kalau diminta oleh pengusaha sapi, saya siap.” Menurutnya, pemerintah punya lahan yang bisa untuk pengembangan sapi, baik itu pemerintah provinsi maupun kabupaten.

Ganjar juga meminta agar acara Kontes Sapi Lokal itu dilakukan setiap tahun, agar masyarakat peternak makin bersemangat untuk membudidayakan sapi.  Dia menyarankan agar pelaksanaannya digilir masing-masing daerah.

“Anggarannya nanti disiapkan,” kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper