Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Kereta Api Indonesia Akan Hidupkan Jalur Mati Suri

PT Kereta Api Indonesia akan menghidupkan kembali jalur mati dari Stasiun Kedungjati-Stasiun Ambarawa sepanjang 36,7 KM pada akhir tahun ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia akan menghidupkan kembali jalur mati dari Stasiun Kedungjati-Stasiun Ambarawa sepanjang 36,7 KM pada akhir tahun ini.

Suprapto, Manager Humas PT KAI Daerah Operasi IV mengatakan saat ini perusahaan bersama Pemprov Jateng dan Kementerian Perhubungan tengah mereaktivasi jalur KA Kedungjati-Ambarawa yang masuk dalam rencana induk perekeretaapian nasional.

Dia menuturkan, setiap instansi memiliki tanggung jawab masing-masing. PT KAI dan Pemprov Jateng bertanggung jawab pada proses pembebasan lahan dan pembayaran biaya pembongkaran, sedangkan Kemenhub akan bertugas sebagai pihak yang membangun rel.

Dia menuturkan, jalur perlintasan KA Kedungjati-Ambawa merupakan salah satu perlintasan tertua di Indonesia.

Sayangnya, sejak 1970 perlintasan itu mati suri, sehingga menyebabkan sejumlah titik pada perlintasan tersebut dijadikan lokasi pemukiman warga.

Harga dari tim apraisal, katanya, setiap bangunan permanen dihargai Rp250 ribu /m2 dan Rp200 ribu /m2 untuk bangunan semi permanen.

Diharapkan, pada akhir bulan depan semua proses pembongkaran bangunan selesai.

Sampai saat ini, imbuhnya, perusahaan telah membongkar kurang lebih 374 KK dari total 650 KK yang harus dibongkar.

Sejumlah bangunan yang telah selesai pembebasan lahannya terdiri 110 KK di Kedungjati, 127 KK di Tungtang dan 137 KK di Kecamatan Beringin.

"Bukan ganti rugi karena tanah negara, tapi uang ganti pembongkaran," ujarnya akhir pekan lalu.

Nantinya, jalur tersebut akan dilintasi kereta penumpang dan barang yang permintaanya kian tinggi, karena selain sebagai sarana mobilisasi orang dan barang, jalur tersebut juga menjadi sarana menuju lokasi wisata di Ambarawa yaitu museum perkeretaapian terbesar di Asia Tenggara.

Di sisi lain, perusahaan bersama Kemenhub juga telah melanjutkan pembangunan double track jalur selatan dari Madiun menuju DIY sejak 18 Juli lalu.

Manager Humas Daop VII PT KAI, Supriyanto mengatakan, pembebasan lahan dan pembangunan pra sarana rel kereta merupakan tanggung jawab Kemenhub, sedangkan perusahaan membantu dalam menyosialisasikan dan menjamin keamanan dan keselamatan jalur yang berdampingan dengan rel aktif.

"Akhir 2015 operasi jalur selatan yang lewat Yogya,"

Dia mengharapkan, proyek itu tidak akan molor dari target, sehingga dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan KA di Jalur Selatan. Dia juga meminta pemerintah untuk menertibkan pelintasan sebidang yang ada.

---
TABEL

Panjang Perlintasan Kedungjati-Stasiun Ambarawa 36,7 KM

Pembongkaran bangunan sudah 374 KK dari total 650 KK.

Jumlah bangunan yang sudah dibongkar terdiri dari 110 KK di Kedungjati, 127 KK di Tungtang dan 137 KK di Kecamatan Beringin.

Muhamad Hilman
081314545163
PT Jurnalindo Aksara Grafika
Bisnis Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Hilman
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper