Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia Sukses Uji Coba Layanan Wi-Fi di Pesawat

AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya hemat, pekan ini melakukan uji coba penggunaan layanan Internet nirkabel alias Wi-Fi di pesawat.

Bisnis.com, JAKARTA - AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya hemat, pekan ini melakukan uji coba penggunaan layanan Internet nirkabel alias Wi-Fi di pesawat.

Fasilitas tersebut rencananya tersedia di seluruh penerbangan AirAsia Malaysia (AK) secara bertahap mulai akhir 2014.

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis.com, Jumat (15/8/2014), dengan layanan Wi-Fi para penumpang akan dapat mengirim serta menerima pesan singkat (instant messaging) dan surat elektronik (e-mail). Selain itu, mereka juga akan bisa melakukan streaming selama penerbangan.

Fasilitas ini secara bertahap juga akan diluncurkan di seluruh maskapai afiliasi yang tergabung di Grup AirAsia seperti AirAsia Indonesia, AirAsia Thailand, AirAsia Filipina, AirAsia India, AirAsia X, dan Thai AirAsia X.

Sebanyak 120 karyawan AirAsia (AllStars) mengikuti penerbangan untuk pengujian penerimaan pengguna (User Acceptance Testing/UAT) pertama untuk layanan Wi-Fi ini.

Dalam penerbangan tersebut, tiga layanan instant messaging seperti LINE, Whatsapp, dan WeChat diuji dan menunjukkan hasil yang positif.

Laporan singkat penerbangan uji coba Wi-Fi tersebut juga diinformasikan secara langsung melalui akun Twitter dan Instagram resmi AirAsia.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes menyatakan bangga dengan rencana peluncuran inovasi layanan terbaru ini. Maskapai itu memutuskan untuk mengembangkan perangkat Wi-Fi sendiri mengingat harga perangkat Wi-Fi di pasaran cukup mahal.

“Persiapan dan pengembangan layanan ini sendiri memakan waktu sekitar 5 tahun. Akan tetapi, di AirAsia kami selalu mempersiapkan segalanya dengan matang agar dapat menghadirkan layanan berkualitas terbaik namun dengan harga yang terjangkau untuk para penumpang,” ujarnya.

Layanan ini, menurutnya, akan menjadi produk Wi-Fi dengan harga terjangkau pertama di dunia, dan dia senang karena uji coba yang telah dilakukan berjalan dengan baik.

“Akhirnya, seluruh pelanggan kami akan dapat segera menikmati layanan Wi-Fi dengan harga hemat di atas pesawat. Saya yakin layanan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan tambahan maskapai,” tuturnya.

Selama 2 bulan ke depan, AirAsia akan memberikan kesempatan kepada 60 penumpang di setiap penerbangan untuk menikmati layanan Wi-Fi gratis selama masa uji coba berlangsung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper