Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laboratorium Rujukan WHO Antisipasi Virus Influenza dari Luar

Kementerian Kesehatan memperkenalkan 10 laboratorium influenza atas akreditasi dan rujukan dari WHO dalam mengantisipasi penyebaran virus penyakit dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan memperkenalkan 10 laboratorium influenza atas akreditasi dan rujukan dari WHO dalam mengantisipasi penyebaran virus penyakit dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Ke-10 laboratorium tersebut a.l laboratorium virologi untuk pemeriksaan polio, campak, dan influenza, laboratorium bakteriologi untuk pemeriksaan makanan dan minuman, laboratorium parasitologi, laboratorium immunologi.

Selanjutnya laboratorium stem cell, laboratorium biosafety level 3, laboratorium hewan coba, laboratorium farmasi, laboratorium biomarker dan terakhir laboratorium gizi makanan.

Semua laboratorium itu berada di Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan di Jl. Percetakan Negara.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Candrayoga Aditama mengatakan WHO menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah kali pertama ini untuk memperkenalkan laboratorium tersebut kepada perwakilan ahli medis dari organisasi kesehatan regional Asia Tenggara dan Asia Pasifik.

"Di beberapa negara regional terjadi wabah penyakit flu burung dan influenza jenis lainnya, yang berpotensi masuk ke Indonesia. Di sini, laboratorium lengkap, jadi kami mengimbau pemda di dalam negeri jangan ragu untuk mengirim [penderita] ke sini, jika ada yang terinfeksi," kata Candrayoga, Kamis (14/8/2014).

Keberadaan laboratorium itu, menurutnya, memberikan keuntungan bagi dunia medis Tanah Air dalam meningkatkan jumlah vaksin yang berfungsi memutus penyebaran virus berbahaya.

"Para medis di daerah jangan ragu membawa penderita flu burung ke sini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper