Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

John Mc Cain dan Sheldon Whitehouse Temui Menteri Kelautan dan Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo menerima kunjungan Senator Arizona yang juga kompetitor Barack Obama pada Pemilu AS 2008, John Mc Cain dan Senator Rhode Island Sheldon Whitehouse guna membahas isu global yang ada kaitannya dengan bidang perikanan dan kelautan di Indonesia, Senin (11/8/2014).

Bisnis.com,JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo menerima kunjungan Senator Arizona yang juga kompetitor Barack Obama pada Pemilu AS 2008, John Mc Cain dan Senator Rhode Island Sheldon Whitehouse guna membahas isu global yang ada kaitannya dengan bidang perikanan dan kelautan di Indonesia, Senin (11/8/2014).

Pada pertemuan yang berlangsung intern tersebut, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Gellwyn Jusuf mengatakan salah satu topic yang dibahas adalah tentang mempererat hubungan Indonesia dan AS terkait illegal, Unreported and Unregulated Fishing (IUU Fishing).

“Pada kesempatan tadi dengan pak Menteri, Senator membahas tentang isu-isu yang bekembang mengenai kondisi perikanan, perubahan iklim, sampai dampaknya terhadap kelautan dan intinya penguatan hubungan Indonesia dan Amerika agar bisa saling percaya terkait penanganan illegal fishing,” katanya saat ditemui seusai acara di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), (11/8/2014).

Dalam pertemuan tersebut, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) (KKP) juga memfasilitasi 25 staf professionalnya untuk belajar mengenai pengelolaan perikanan dan bidang kelautan di Universitas Rhode Island (URI), AS.

“Kita menyampaikan bahwa ada calon-calon yang akan mengikuti program Master dan PHD disana. Jangka panjangnya kita melatih meningkatkan kemampuan staf KKP dalam bidang pengelolaan perikanan dan kelautan.Programnya untuk 5 tahun,” jelas Gellwyn.

Dalam rilis yang diterima Bisnis, program tersebut merupakan integrasi dari Coral Reef Rehabilitation and Management Project Support to The Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) yang selama ini dibiayai Bank Pembangunan Asia dan Bank Dunia. Program tersebut diharapkan dapat memperkuat kapasitas teknis staf DJPT yang terfokus dalam pengelolaan perikanan.

Rinciannya, selama 2014-2019 20 staf diproyeksikan menerima gelar master dan lima staf diharapkan meraih gelar doktor. Untuk fase pertama, tujuh staff akan lebih dahulu berangkat  sebagai mahasiswa yang dimulai studinya pada musim gugur nanti.

Sebelumnya, DJPT dan URI pernah menandatangani hubungan kerjasama dalam Academic Programming dan Training pada 25 Oktober 2013. Kedepannya, kemitraan ini diharapkan bisa mengatasi tantangan global dalam sektor kelautan dan perikanan di Indonesia yang diklaim menjadi salah satu sumber daya paling beragam di dunia serta dianggap sebagai pusat keanekaragaman hayati laut di coral triangle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Irene Agustine

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper