Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OPEN ACCESS TRANSMISI, Aturan Teknis Diluncurkan Tahun Ini

Direktur Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman, menyatakan peraturan teknis penggunaan transmisi listrik secara bersama seperti jalan tol atau open access akan selesai akhir tahun ini.nn
Selama ini, para pengusaha yang membutuhkan listrik dalam jumlah banyak hanya dapat memenuhi energinya dengan membangun pembangkit listrik tenaga gas atau LNG.  /bisnis.com
Selama ini, para pengusaha yang membutuhkan listrik dalam jumlah banyak hanya dapat memenuhi energinya dengan membangun pembangkit listrik tenaga gas atau LNG. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman menyatakan peraturan teknis penggunaan transmisi listrik secara bersama seperti jalan tol atau open access akan selesai akhir tahun ini.

Diharapkan dengan  peraturan ini, kawasan industri yang tumbuh memperoleh energi yang murah. "Sehingga pusat-pusat kawasan industri yang berada jauh dari pembangkit  listrik dapat beroperasi dengan lebih efesien," tutur Jarman tentang peraturan yang sedang digodok kementeriannya di Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Dengan aturan ini, swasta dapat membangun pembangkit listrik yang jauh  dari kawasan industri. Listrik yang dihasilkan kemudian ditumpangkan ke transmisi PLN dengan membayar tarif tol. Cara ini menjadi lebih efektif, karena tidak akan menambah kewajiban PLN untuk membangun pembangkit listrik.

Selama ini, para pengusaha yang membutuhkan listrik dalam jumlah banyak hanya dapat memenuhi energinya dengan membangun pembangkit listrik tenaga gas atau LNG. Namun kedua sumber energi ini sudah semakin mahal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper