Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distribusi Kartu BBM Nelayan di Jateng Tuntas Tahun Ini

Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah berharap pencetakan dan distribusi 25.138 kartu BBM Nelayan tuntas pada 2014n
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SEMARANG--Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah berharap pencetakan dan distribusi 25.138 kartu BBM Nelayan tuntas pada 2014.

M. Syafriadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng menuturkan pada tahun ini, APBD hanya mengalokasikan anggaran untuk mencetak dan mendistribusikan 12.000 kartu BBM Nelayan.

"Ingginnya tahun ini selesai 25.138 kartu BBM untuk nelayan pemilik kapal di Jateng, supaya tuntas. Tapi APBD terbatas," katanya, Rabu (16/4/2014).

Saat ini, lanjutnya, Dinas KP tengah melakukan identifikasi sekitar 158.000 nelayan dan kapal dengan menggandeng pihak ketiga, dan kalangan akademisi. Hal tersebut dilakukan agar kartu BBM nelayan jatuh ke tangan yang tepat.

"Kami mau pastikan solar bersubsidi sampai ke nelayan dan benar-benar penggunaannya untuk berlayar," katanya.

Selama ini, untuk mendapatkan solar, nelayan harus mengantongi surat rekomendasi kepala pelabuhan dan persetujuan berlayar. Nantinya dengan kartu BBM Nelayan, solar bisa dibeli di SPBN manapun, sesuai kuota, dan sesuai penggunaan.

Pada tahun ini, Pemprov Jateng akan mencetak 12.000 kartu BBM nelayan. Kartu tersebut akan didistribusikan ke nelayan di Demak, Pati, Tegal, dan Pantura. Adapun kriteria nelayan yang berhak menerima kartu tersebut, yakni nelayan kecil dengan kapal di bawah 30 gross ton (GT).

Berdasarkan jumlah kapal, kapasitas mesin, alat tangkap, waktu operasional nelayan, kebutuhan BBM solar bersubsidi di Jateng diestimasi mencapai 300.000 KL/tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper