Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUR untuk Koeprasi & UKM Tersalur Rp6,64 Triliun

Total penyaluran dana kredit usaha rakyat yang dialokasikan bagi pembiayaan pelaku usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah sampai 14 Maret 2014 mencapai Rp6,64 triliun atau setara dengan 17,9% dari target tahun ini Rp37 triliun.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Total penyaluran dana kredit usaha rakyat yang dialokasikan bagi pembiayaan pelaku usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah sampai 14 Maret 2014 mencapai Rp6,64 triliun atau setara dengan 17,9% dari target tahun ini Rp37 triliun.

Adapun, total realisasi dana kredit usaha rakyat (KUR) sejak diluncurkan pada akhir 2007 telah mencapai Rp145,2 triliun. Sedangkan penyalurannya menjangkau sekitar lebih dari 10 juta debitur, tepatnya 10.469.285 pelaku usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM).

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo mengatakan jumlah ini mengalami peningkatan 40% lebih tinggi dari periode Februari 2014. Pada 14 Februari total penyalurannya sebesar Rp3,541 triliun.

"Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras seluruh perbankan yang menjadi penyalur dana KUR, yakni perbankan nasional maupun Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang  tergabung dalam Asosiasi Bank Daerah (Asbanda),” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (8/4/2014).

Seperti penyaluran sebelumnya, Bank BRI masih belum tersaingi bank lain untuk menyampaikan pembiayaan atau kredit kepada debitor. Kontribusi bank ini sampai 14 Maret 2014 tercatat sebesar Rp5.449 triliun. Pada posisi kedua penyaluran terbesar dicatat Asbanda.

Totalnya mencapai Rp566 miliar, dan debitornya sebanyak 7.507 orang. Sedangkan debitor terbanyak masih dicatat Bank BRI, yakni sebanyak 420.527 orang. Asbanda terdiri dari 24 BPD dan merupakan kelompok perbankan yang sudah berpartisipasi dalam 3 tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper