Brand Lokal, Makin Dicintai Masyarakat

Kampanye dengan tagline 100% cinta Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan yang dipimpin oleh Mari Elka Pangestu pada 5 tahun lalu, rupanya berhasil membangkitkan kepercayaan masyarakat terhadap produk asli Indonesia.
Dewi Andriani | 02 April 2014 11:47 WIB
Peragaan Busana Brand Lokal - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-- Kampanye dengan tagline 100% cinta Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan yang dipimpin oleh Mari Elka Pangestu pada 5 tahun lalu, rupanya berhasil membangkitkan kepercayaan masyarakat terhadap produk asli Indonesia.

Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Nielsen belum lama ini yang menyebutkan bahwa 58% consumen Indonesia saat ini lebih memilih brand lokal dibandingkan dengan brand global.

“Apa bisa love ini dikampanyekan? tetapi kita liat usaha marketing ini tetap ada hasilnya. Dari hasil survey, setelah 5 tahun ini, kita bisa lihat lebih dari 50% consumen Indonesia yang disurvey mengaku sangat cinta dan bangga dengan produk Indonesia,”ujar Yongki Susilo, Executive Director The Nielsen Indonesia, Rabu (2/4/2014)

Angka tersebut bahkan merupakan yang tertinggi dan mengalahkan kepercayaan konsumen lainnya dari sejumlah negara di Asia seperti Korea Selatan (46%), Jepang (46%), Filiphina (53%), Singapura (33%), Malaysia (41%) dan China (30%).

Menurutnya, selain didorong oleh kampanye tersebut, ada beberapa hal juga yang memicu rasa kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk yang dihasilkan di dalam negeri.

Pertama,  perusahaan Indonesia saat ini bisa dipercaya dan banyak yang mampu menghasilkan produk berkualitas. Kedua, adanya kebanggaan terhadap produk Indonesia. Ketiga, brand Indonesia dinilai lebih memahami masayarakat Indonesia itu sendiri, dengan kesamaan budaya dan selera.

Tag : brand lokal
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top