Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilu Dongkrak Kunjungan Wisman dan Okupansi Hotel

Kampanye partai politik dan calon legislatif menjelang pemungutan suara Pemilu 2104 berdampak positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan keterisian kamar hotel di beberapa daerah.

Bisnis.com, TEMANGGUNG - Kampanye partai politik dan calon legislatif menjelang pemungutan suara Pemilu 2104 berdampak positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan keterisian kamar hotel di beberapa daerah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan sejauh ini belum ada laporan pembatalan kunjungan wisman dan wisnus ke sejumlah objek wisata di Indonesia mengingat kondisi pemilu yang berjalan aman dan kondusif.

"Masa kampanye ini justru memberikan nilai positif karena  banyak masyarakat yang bepergian dan menginap di hotel berbintang ataupun melati. Penggunaan ruang pertemuan di hotel pun akan meningkat dari hari-hari biasa," ujarnya di sela-sela kunjungan ke Desa Kelingan, Temanggung, Rabu (19/3/2014).

Tidak hanya dari sisi pariwisata, peningkatan kunjungan turis tersebut juga ikut mendongkrak wisata kuliner di berbagai daerah, termasuk penjualan souvenir dan oleh-oleh. "Ini pada akhirnya akan menumbuhkan perekonomian daerah," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Mari optimistis jumlah kunjungan wisnus selama masa kampanye dan Pemilu ini akan terus meningkat, begitu pula dengan kunjungan wisawatawan nusantara yang dinilai tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi politik di Indonesia.

"Kita sudah beberapa kali melakukan kampanye dan sudah belajar banyak mengenai pesta demokrasi tersebut, sehingga pelaksanaan kampanye tidak menghambat peningkatan kunjungan wisatawan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper