Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Ekonomi, Jatim Dukung Ekspansi Citilink ke Luar Negeri

Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah (LCC) Citilink memperoleh dukungan Pemprov Jawa Timur untuk ekspansi ke luar negeri, karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah ini, terutama dari sektor pariwisata dan tenaga kerja.
Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia pada 2014 /Aviationcorner.net
Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia pada 2014 /Aviationcorner.net

Bisnis.com, SURABAYA  – Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah (LCC) Citilink memperoleh dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk ekspansi bisnis ke luar negeri seperti Malaysia, karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah ini, terutama dari sektor pariwisata dan tenaga kerja.

Hal itu mengemuka saat audiensi antara jajaran pimpinan Pemprov Jatim yang dipimpin Sekretaris Daerah Akhmad Sukardi dan manajemen Citilink yang dipimpin CEO Citilink Arif Wibowo di kantor Gubernuran, di Surabaya, Kamis (13/3/2014).

CEO Citilink Arif Wibowo mengatakan, kerja sama dengan pemerintah daerah sudah semestinya dilakukan mengingat Jawa Timur merupakan wilayah dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan juga berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,5 persen, menjadikan wilayah Jawa Tiimur terbuka bagi peluang bisnis yang besar termasuk dalam sektor penerbangan," kata Arif Wibowo, dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (14/3/2014).

Arif Wibowo, yang  juga Ketua Asosiasi Penerbangan Nasional (INACA), mengatakan Citilink melihat peluang bisnis tersebut khususnya di sektor pariwisata dan adanya mobilitas penduduk di kedua wilayah, Jatim dan Johor Baru, Malaysia yang cukup tinggi  dalam memanfaatkan jasa angkutan udara.

Sekretaris Daerah Pemprov Jawa Timur Akhmad Sukardi mengatakan mendukung kerja sama dengan Citilink dalam mendatangkan wisatawan mancanegara, seperti dari Malaysia ke Jatim yang memiliki banyak tempat wisata menarik, karena bisa dapat mendukung Visit East Java dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

Akhmad Sukardi juga mengapresiasi Citilink yang ikut membantu menjamin penempatan tenaga kerja asal Jawa Timur melalui program pengantaran tenaga kerja sampai ke majikan sehingga ikut memberikan kepastian dan keselamatan tenaga kerja Indonesia.

"Kalau hal itu bisa terwujud maka sebuah program yang sangat bagus dan luar biasa. Kami akan selalu mendukung dan berupaya merealisasikannya," ujarnya.

Menurut Sukardi, sebagai maskapai penerbangan milik negara, Citilink akan sangat membantu perekonomian bangsa, termasuk Jawa Timur. Sebab, jika dibandingkan maskapai penerbangan luar negeri maka pajak tidak akan masuk ke negara, melainkan ke negara pemilik maskapai.

Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia pada 2014 melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri dengan memulai penebangan internasional perdana dengan rute Surabaya - Johor Baru pada 15 Maret 2014.

Setelah itu membuka rute Surabaya - Kuala Lumpur pada 3 April dan berturut-turut merencanakan ke Singapura dan Perth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wahyu Darmawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper