Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendag: Harga Pangan di Sulsel Stabil dan Aman

Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi pada Jumat (14/3/2014) melakukan kunjungan kerja ke Pasar Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan guna memantau perkembangan harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di pasar setempat.
Mendag mengimbau masyarakat agar aktif menginformasikan kepada pemerintah jika terjadi kekurangan barang kebutuhan pokok. /bisnis.com
Mendag mengimbau masyarakat agar aktif menginformasikan kepada pemerintah jika terjadi kekurangan barang kebutuhan pokok. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi pada Jumat (14/3/2014) melakukan kunjungan kerja ke Pasar Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan, guna memantau perkembangan harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di pasar setempat.

“Harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di kota Bone pada umumnya relatif stabil dan aman. Pemerintah akan terus berupaya agar harga dan pasokan barang kebutuhan pokok tetap stabil dan mencukupi,” ungkap Mendag.

Berdasarkan hasil pantauan di pasar Bajoe, harga barang kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng curah, tepung terigu, kedelai, daging sapi, daging ayam broiler, telur ayam ras, cabe rawit merah, bawang merah, dan bawang putih relatif stabil dalam beberapa hari terakhir.

“Hal yang perlu diantipasi adalah musim penghujan yang diperkirakan masih akan berlangsung, serta dampaknya bagi produksi beberapa komoditas dan terhadap kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok," jelas Mendag.

Prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), curah hujan di Indonesia pada Februari-Maret 2014 masih berada di kisaran menengah dan tinggi, sedangkan pada April baru akan berada pada kisaran menengah.

Di sela-sela kunjungannya, Mendag mengimbau masyarakat agar aktif menginformasikan kepada pemerintah jika terjadi kekurangan barang kebutuhan pokok, sehingga pemerintah dapat berkoordinasi dengan pemda dan para pelaku usaha untuk segera memenuhi kekurangan itu.

“Pemerintah dan pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dan melakukan langkah-langkah untuk menjaga kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi, ” tegas Mendag.

Pada kunjungan kali ini, Mendag juga menjelaskan perkembangan harga rata-rata barang kebutuhan pokok di tingkat nasional.

Jika harga pada 13 Maret 2014 dibandingkan dengan 6 Maret 2014, maka komoditas menurun harga adalah beras (0,42%) menjadi Rp8.904/kg, gula pasir (0,36%) menjadi Rp11.461/kg, tepung terigu (0,17%) menjadi Rp8.721/kg, kedelai lokal (0,34%) menjadi Rp10.290/kg, kedelai impor (0,06%) menjadi Rp10.970/kg, daging sapi (0,06%) menjadi Rp98.728/kg, daging ayam ras (2,18%) menjadi Rp27.980/kg, dan telur ayam ras (3,05%) menjadi Rp19.030/kg.

Adapun yang mengalami kenaikan harga adalah cabe merah keriting (9,85%) menjadi Rp27.465/kg, cabe merah biasa (8,75%) menjadi Rp27.708/kg, dan cabe rawit merah (4,64%) menjadi Rp50.602/kg. Sementara itu, harga minyak goreng curah, bawang merah, dan bawang putih relatif stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper