Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Juara Go Green in the City 2014

Tim dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, ke luar sebagai pemenang pertama Go Green in the City 2014 tingkat nasional dari Schneider Electric Indonesia dengan proposal berjudul Lungguh (bahasa Jawa) yang berarti duduk
Reni Efita | 14 Maret 2014 12:05 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Tim dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, ke luar sebagai pemenang pertama Go Green in the City 2014 tingkat nasional dari Schneider Electric Indonesia dengan  proposal berjudul Lungguh (bahasa Jawa) yang berarti duduk.

Inovasi tersebut berupa bantalan kursi yang mampu menyerap energi panas tubuh manusia dan kemudian mengonversikannya menjadi energi listrik, sehingga dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel.  Kursi itu akan membuat tubuh berfungsi sebagai power bank. Caranya cukup duduk dibantalan kursi yang sudah dilengkapi dengan thermal electric generator yang mengubah  panasnya menjadi energi energi listrik

Tim pemenang pertama tingkat nasional itu diwakili oleh FA Brian Ganda Pratama,  mahasiswa Teknik Elektronika  UKSW dan Chintya Amanda Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKSW. Mereka telah berhasil menyisihkan 99 proposal yang masuk ke panitia. Selain berhak menerima uang tunai sebesar Rp30 juta, trophy, mereka juga akan berangkat ke Ho Chi Minh City, Vietnam pada April mendatang untuk mewakili Indonesia di ajang Go Green in the City East Asia.

Tim tersebut meraih juara pertama setelah, tim juri melakukan penilaian yang ketat terhadap enam finalis Go Green in the City 2014 tingkat nasional di Hotel JW Merriott, Kamis sore (13/3/2014).

Setelah menjadi juara nasional, tim itu akan bersaing dengan peserta dari Di tingkat Asia tim itu akan bersaing dengan peserta dari Malaysia, Singura, Vietnam, Filipina, Laos, Myanmar, Thailand dan Taiwan.

Keenam finalis itu memaparkan langsung ide inovatif mereka untuk efisiensi energi di hadapan dewan juri yang terdiri dari jajaran direksi Schneider Electric yang sebagai penyelenggara dan Maritje Hutapea, Direktur Konservasi Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inovasi, inovasi model bisnis, inovasi perkebunan

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top