Inilah Jawaban Mentan Soal Impor Pangan

Kementerian Pertanian menyatakan impor pangan pokok diperbolehkan sepanjang untuk memenuhi kekurangan produksi dari dalam negeri. Karena itu, pemanfaatan yang salah atas kebijakan ini dapat ditindak tegas.
M. Taufiqur Rahman | 02 Maret 2014 18:15 WIB

Bisnis.com,JAKARTA – Kementerian Pertanian menyatakan impor pangan pokok diperbolehkan sepanjang untuk memenuhi kekurangan produksi dari dalam negeri. Karena itu, pemanfaatan yang salah atas kebijakan ini dapat ditindak tegas.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan kebijakan impor pangan yang dilakukan pemerintah ditujukan untuk menjaga kestabilan harga di tingkat konsumen karena itu jika harga naik akibat kurangnya pasokan, pemerintah dapat mengeluarkan izin impor.

“Konsep impornya ‘kan begini, sepanjang untuk menutupi kekurangan impor yang tidak bisa dipenuhi dari produksi lokal,” katanya dalam pernyataan resmi, Minggu (2//3/2014).

Pihaknya tidak memungkiri bahwa kebijakan impor ini rawan didistorsi dan dipermainkan, karena itu langkah ini akan ditempuh jika kondisi di lapangan sudah mendesak.

“Intinya kebijakan ini terpaksa dilakukan karena memang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pangan,” tegasnya.

Tag : impor pangan
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top