Perubahan Iklim Dan Konversi Lahan Hambat Pertanian

Pemerintah menyatakan tingginya konversi lahan pertanian ke lahan non pertanian dan adanya perubahan iklim berpotensi mengagalkan upaya swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah.
M. Taufiqur Rahman | 02 Maret 2014 18:00 WIB
Lahan pertanian dikonversi jadi pemukiman

Bisnis.com,JAKARTA — Pemerintah menyatakan tingginya konversi lahan pertanian ke lahan non pertanian dan adanya perubahan iklim berpotensi mengagalkan upaya swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan pangan merupakan kebutuhan yang sangat penting sepanjang tahun kebutuhan akan komoditas ini semakin meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk.

“Bertambahnya penduduk akan meningkatkan permintaan akan lahan. Konversi lahan pertanian tidak terhindarkan, karena itulah ini [peningkatan penduduk] menjadi salah satu masalah serius di pertanian,” katanya dalam pernyataan resmi, Minggu (2/3/3014).

Untuk itu, jelasnya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produktivitas petani. “Kalau sekarang, kita memang masih kalah bersaing dengan negara maju dari sisi efisiensi. Nah inilah yang tengah kami benahi,” ungkapnya.

Pihaknya tengah menggandeng para peneliti dan juga akademisi terutama yang berkecimpung langsung di sektor pertanian untuk membuat inovasi-inovasi teknologi yang tepat guna dan mampu meningkatkan produktivitas pertanian.

Tag : pertanian
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top