Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Freeport Pertimbangkan Force Majeure

Freeport McMoRan Copper & Gold Inc. (FCX), produsen tembaga terbesar di dunia mungkin harus menyatakan force majeure untuk penjualan konsentrat dari tambang Grasberg di Indonesia karena aturan baru pada ekspor mineral yang diterapkan pemerintah Indonesia.

Bisnis.com,JAKARTA – Freeport McMoRan Copper & Gold Inc. (FCX),  produsen tembaga terbesar di dunia mungkin harus menyatakan force majeure untuk penjualan konsentrat dari tambang Grasberg di Indonesia karena aturan baru pada ekspor mineral yang diterapkan pemerintah Indonesia.

Force majeure adalah klausa hukum yang memungkinkan perusahaan untuk melewatkan pengiriman karena keadaan di luar kendali mereka.

CEO Richard Adkerson mengatakan kebijakan pemerintah Indonesia menghambat biaya operasi, menunda belanja modal dan memotong pekerja apabila perusahaan tidak bisa melanjutkan operasi secara normal.

“Unit lokasl Freeport Indonesia belum menerima izin ekspor konsentrat hingga 24 Februari 2014,” ujarnya dalam sebuah konferensi pertambangan di Florida, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (28/2/2014).

Aturan baru pemerintah Indonesia yang membatasi pengiriman bijih yang belum diproses juga pengenaan bea ekspor konsentrat tembaga yang merupakan bahan baku setengah jadi bertujuan agar pemerintah Indonesia berusaha untuk meningkatkan nilai ekspor.

Freeport mengatakan peraturan baru tersebut bertentangan dengan hak-hak di bawah kontrak yang ada dengan pemerintah .

Sementara itu penggilingan di Grasberg rata-rata sekitar 112.000 metrik ton per hari sejak pertengahan Januari, atau sekitar setengah dari produksi normal. Freeport mengirimkan sekitar 40% menjadi 50% produksi reguler dari Grasberg ke smelter copper cathode di Indonesia yang dikelola PT Smelting.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper