Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusat Layanan Usaha Terpadu Di Cianjur Diresmikan Menkop

Pusat Layanan Usaha Terpadu di Cianjur, Jawa Barat sebagai lembaga solusi bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah nasional akan beroperasi pada 7 Februari 2014 ditandai peresmian oleh Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan .

Bisnis.com, JAKARTA — Pusat Layanan Usaha Terpadu di Cianjur, Jawa Barat sebagai  lembaga solusi bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah nasional  akan beroperasi pada 7 Februari 2014 ditandai peresmian oleh Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan.

Braman Setyo, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangn Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Cianjur merupakan yang pertama melayani berbagai kebutuhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengh (UMKM).

”Saat ini terdapat sedikitnya 22 PLUT yang dibangun dan siap beroperasi di beberapa provinsi  Indonesia. Setelah peresmian, pengelolaannya dipercayakan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat,” katanya kepada Bisnis, (3/2/2014).

Termasuk PLUT di Cianjur yang akan segera diserah terimakan kepada Pemda Cianjur. Sedangkan biaya pembangunan dan fasilitas gedung seluruhnya ditanggung Kementerian Koperasi dan UKM. Pada setiap PLUT terdapat sekitar delapan jenis layanan bagi UMKM.

Salah satu yang vital misalnya, kehadiran lembaga perbankan yang secara khusus akan melayani kebutuhan pembiayaan atau permodalan pelaku usaha sektor riil. Sistem ini akan lebih mempermudah dan mendekatkan UMKM demean sumber pembiayan.

Treatment-nya  juga akan sangat spesial, karena mereka UMKM secara umum belum bankable, namun  bidang usahanya sangat feasible. Melalui pendakatan demean fasilitas semacam itu, UMKM di setiap kabupaten dan kota bisa terlayani secara optimal.

”Intinya akan banyak solusi yang bisa ditemukan UMKM di PLUT, karena yang tersedia pada sarana itu umumnya untuk mengeliminir  berbagai masalah. Misalnya dari sisi informasi dan teknologi maupun peningkatan kapasitas SDM,” papar Braman Setyo.

Adapun lembaga perbankan yang kemungkinan melayani lebih awal kebutuhan pembiayaan UMKM setempat adalah Bank Jabar Banten (BJB). Jumlah lembaga perbankn yang melayani juga tidak terbatas hanya satu. Bank mana yang bersedia melayani, akan kita tampung.”

Setelah peresmian PLUT di Cianjur, dalam waktu dekat  bergerak ke wilayah Jawa Tengah. Namun Braman belum bersedia menyebutkan kota berikutnya yang akan segera mengikuti jejak Cianjur melayani keperluan UMKM.

Menurut Braman Setyo, institusi lain yang akan menyediakan jasa layanan bagi UMKM melalui eksistensi PLUT adalah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper