Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK, Debitur Korban Bencana Alam Dapat Kelonggaran

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan keputusan untuk memberi kelonggaran kepada debitur yang terkena dampak bencana alam di sekitar Gunung Sinabung di Kabupaten Karo dan di Kota Manado Sulawesi Utara.nn

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan keputusan untuk memberi kelonggaran kepada debitur yang terkena dampak bencana alam di sekitar Gunung Sinabung di Kabupaten Karo dan di Kota Manado Sulawesi Utara.

Ketua Dewan Komisioner Muliaman D. Hadad memerkirakan bencana alam letusan Gunung Sinabung dan banjir bandang di Manado akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja perbankan dan perekonomian di daerah setempat.

“Keputusan untuk memberikan kelonggaran tersebut mengacu pada peraturan Bank Indonesia,” tulisnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (22/1/2014).

OJK menilai keputusan OJK tersebut untuk mempercpat pemulihan kinerja perbankan dan perekonomian  pasca bencana alam, sehingga diperlukan upaya-upaya khusus untuk mempercepat pemullihan di daerah yang terkena bencana alam tersebut.

Daerah yang akan mendapatkan perlakuan khusus terhadap kredit bank adalah Kota Manado dan empat kecamatan di Kabupaten Karo, yaitu Kecamatan Payung, Kecamatan Nawantran, Kecamatan Simpang Ampat dan Kecamatan Tiganderket.

Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/15/PBI/2006 tanggal 5 Oktober 2006 tentang Perlakuan Khusus terhadap Kredit Bank bagi Daerah-Daerah Tertentu di Indonesia yang Terkena Bencana Alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper