Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Sulut Dorong Pertumbuhan Kredit Produktif

OJK Cabang Sulut, Gorontalo, dan Malut optimis dapat mendorong pelbagai lembaga keuangan baik bank dan non bank untuk menumbuhkan kredit produktif. Pasalnya, kredit produktif di wilayah Sulawesi masih sangat rendah.

Bisnis.com, MANADO--OJK Cabang Sulut, Gorontalo, dan Malut optimis dapat mendorong pelbagai lembaga keuangan baik bank dan non bank untuk menumbuhkan kredit produktif. Pasalnya, kredit produktif di wilayah Sulawesi masih sangat rendah.

Pelaksana Harian Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara Dwi Suharynto mengatakan pada tahun depan pihaknya akan melakukan pendataan untuk semua lembaga keuangan yang ada di Sulut, Gorontalo, dan Malut.

“Selanjutnya kami akan bekerja sama dengan banyak pihak untuk menfasilitasi kredit produktif ke UMKM dan lainnya. Kebijakan kredit itu ada di tiap-tiap lembaga tetapi kami dapat memberikan stimulus lewat pelbagai pelatihan,” ujarnya di Manado, Selasa (31/12/2013).

Dwi mengakui pihaknya bakal memiliki banyak pekerjaan rumah pada tahun depan. Beberapa pekerjaan yang menanti antara lain pendataan lembaga keuangan non-bank yang diperkirakan sangat banyak, pengawasan lembaga keuangan, dan meladeni banyak keluhan konsumen terhadap pelayanan lembaga keuangan.

Seperti diketahui pada tahun depan OJK akan bertugas mengawasi keuangan baik perbankan ataupun non perbankan. Sebelumnya, kegiatan pengawasan dilakukan oleh Bank Indonesia.


"Tantangan terberat kita di daerah ialah belum punya pengalaman di finance, securitas dan lainnya sehingga kami perlu dengan cepat memahami bisnis itu. Kalau perbankan justru relatif tidak masalah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper