Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buruan, Hotel di Medan Hampir Penuh Jelang Natal & Tahun Baru

Menjelang Natal dan Tahun Baru, hotel di Medan panen raya dengan meraup tingkat hunian yang mengalami lonjakan tajam dibanding hari-hari biasa. Bahkan, saat ini tingkat hunian kamar hotel hampir penuh.
Hotel Madani Medan /medanguide
Hotel Madani Medan /medanguide

Bisnis.com, MEDAN - Menjelang Natal dan Tahun Baru, hotel di Medan panen raya dengan meraup tingkat keterisian yang mengalami lonjakan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Layari Sinukaban, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Sumatra Utara, mengatakan occupancy hotel di Medan diperkirakan melonjak 60% pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Tingkat hunian kamar itu meningkat tipis 5%-10% dibandingkan tahun lalu.

Pengusaha hotel biasanya memberikan promosi khusus, baik berupa potongan harga, paket, maupun acara untuk mendukung pesta perayaan Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan catatan PHRI Sumut, wisatawan lokal masih mendominasi tingkat hunian kamar di Medan, mencapai 80%. Adapun sisanya 20% merupakan turis mancanegara.

"Biasanya occupancy bisa mencapai 100% telah dipesan, sehingga kami meminta agar tamu-tamu telah memesan jauh-jauh hari," ungkapnya kepada Bisnis, Senin (16/12/2013).

Dia mengatakan jenis hotel yang masih menjadi favorit untuk pesta perayaan Natal dan Tahun Baru adalah hotel bintang 3 hingga bintang 5. Sedangkan hotel kelas melati hingga bintang 2 masih cukup banyak tersedia stok kamar.

Saat ini, hotel di Medan berjumlah 50 unit untuk kelas bintang 3-5. Sedangkan hotel kelas melati hingga hotel bintang 2 cukup banyak dan masih diminati oleh wisatawan.

Dedi Nelson Fachrurrozy, General Manager Hotel Madani Medan, mengatakan tingkat occupancy hotel Madani menjelang Natal dan Tahun baru mengalami lonjakan hingga 20% setiap tahunnya. Dia memprediksi pada akhir tahun ini juga terjadi lonjakan yang sama dengan tahun sebelumnya.

Hotel yang berbasis syariah ini memang tidak memiliki program khusus untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Namun, pihaknya tetap menyediakan paket potongan harga khusus pada akhir tahun.

"Hingga saat ini telah ada beberapa perusahaan yang memesan kamar dan ballroom, pesanan untuk Tahun Baru telah mencapai 60% dari total kamar yang kami sediakan," kata dia.

Lonjakan pemesanan kamar, sambungnya, biasanya terjadi menjelang akhir tahun untuk perayaan pesta pergantian tahun. Detik-detik terakhir tingkat occupancy akan melonjak hingga 100%.

Sebagian besar tamu yang menginap di Hotel Madani saat malam Tahun Baru berasal dari kota-kota di Sumatra Utara. Tetapi, tidak menutup kemungkinan tamu yang berasal dari Malaysia dan Singapura juga memilih untuk menginap di hotel tersebut.

Hotel Madani menawarkan paket harga khusus akhir tahun dengan diskon hingga 40% dari harga normal. Rata-rata per kamar dibanderol Rp450.000 per malam dengan jumlah kamar mencapai 173 kamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper