Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambang Pasir Besi Kulonprogo Pengaruhi Kesuburan Lahan

Pertambangan pasir besi di sepanjang lahan pasir Kulonprogo diduga akan mengubah tingkat kesuburan lahan walaupun dilakukan reklamasi setelah pengambilan kandungan besi di dalamnya.

Bisnis.com, JAKARTA - Pertambangan pasir besi di sepanjang lahan pasir Kulonprogo diduga akan mengubah tingkat kesuburan lahan walaupun dilakukan reklamasi setelah pengambilan kandungan besi di dalamnya.

Keterangan resmi PT Jogja Magasa Iron (JMI) menyatakan bahwa lahan untuk pertanian justru akan lebih subur ketika kandungan besinya diambil dari pasir.   PT JMI memiliki izin untuk menambang pasir besi di kawasan pesisir Kulonprogo namun hingga kini masih mendapatkan perlawanan dari petani. 

Koordinator Divisi Perempuan dan Tambang Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Siti Maemunah mengatakan lahan di sepanjang pesisir Kulonprogo selama ini sudah subur dengan adanya tanaman yang dihasilkan dari para petani.

"Lahan pesisir sudah subur dengan adanya pengolahan yang dilakukan oleh para petani. Kandungan besi yang akan diambil, tidak bisa disamakan dengan mengambil penyakit, sehingga lahan bisa tumbuh lebih subur," ujarnya.

Upaya perlawanan  terhadap rencana pertambangan pasir besi hingga kini masih dilakukan oleh Paguyuban Petani Lahan Pantai (PPLP). Menurut PPLP, para petani di lahan tersebut memilih untuk bertani dibandingkan menerima pertambangan pasir besi.
 
Sektor pertanian di Kulonprogo memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi di wilayah tersebut. Sejumlah tanaman yang diproduksi dari petani di sana adalah tanaman pangan, sayur dan buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper