Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Groundbreaking 4 Proyek Infrastruktur di Kalsel

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan groundbreaking secara simbolis empat infrastruktur bidang Pekerjaan Umum (PU) senilai Rp538,87 miliar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), hari ini, Rabu (23/10/2013).n
Instalasi Air Bersih/Antara
Instalasi Air Bersih/Antara

Bisnis.com, JAKARTA --Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan groundbreaking secara simbolis empat infrastruktur bidang Pekerjaan Umum (PU) senilai Rp538,87 miliar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), hari ini, Rabu (23/10/2013).

Infrastruktur yang segera dan tengah dibangun tersebut ialah Jembatan Sei Basirih senilai Rp165 miliar, Fly Over Gatot Subroto Rp185 milia), Jalan Banjarmasin-Batas Kalimantan Tengah Rp122,87 miliar, dan air baku regional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjar Bakula II Rp66 miliar.

Groundbreaking tersebut dilakukan bersamaan dengan peresmian proyek-proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang berada di Kalsel.

"Pemerintah berkomitmen untuk mendukung pembangunan infrastruktur di semua wilayah sebagai salah satu prasyarat penting dalam mendorong perkembangan suatu wilayah," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis..

Sementara itu, Menteri PU Djoko Kirmanto menambahkan infrastruktur sipil tersebut ditujukan untuk meningkatkan perekonomian daerah tersebut.
 
Dia menuturkan Jembatan Sei Basirih merupakan jalan akses dari pelabuhan Trisakti dan wilayah pergudangan di sepanjang jalan Gubernur Subarjo sebagai jalur distribusi barang ke wilayah kabupaten/kota di Kalsel, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Saat ini, katanya, jembatan yang ada di jalan tersebut sudah tidak dapat lagi menampung arus lalu lintas sehingga diperlukan pembangunan jembatan baru.

"Manfaat dari jembatan ini adalah untuk memperlancar arus lalu lintas pada ruas jalan pelabuhan Trisakti-Liang Anggang yang merupakan bagian dari jalan lintas selatan Kalimantan," ujar Djoko.

Selain itu, Kementerian PU melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah VII  tengah membangun jalan Banjarmasin-Batas Kalteng.

Konstruksi jalan sepanjang 12,9 Kilometer tersebut dilakukan dengan anggaran senilai Rp122,87 miliar yang telah dikerjakan dari 2010 untuk dapat dirampungkan pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper