Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, SEMARANG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah memastikan obyek wisata di Kabupaten/Kota telah melakukan pengecekan fisik dan persiapan pengamanan selama libur Lebaran. 
 
Kepala Dinbudpar Jateng, Prasetyo Aribowo menuturkan pihaknya telah meminta kabupaten/kota melakukan pengecekan peralatan yang digunakan atau dipasang untuk memberi layanan masyarakat selama mengunjungi obyek wisata. 
 
“Ada Surat Edaran Gubernur, penyelenggara event dan obyek wisata perlu cek alat dan perlengkapan pendukung wisata sehingga tidak menimbulkan kecelakaan karena tidak siap secara fisik, peningkatan keamanan, ketertiban dan kebersihannya,” ujarnya Jumat (2/8/2013).
 
Destinasi unggulan wisata selama liburan di Jateng, katanya, masih didominasi daya tarik alam dan heritage seperti Candi Borobudur Magelang, Sam Po Kong Semarang, Agrowisata Bandungan dan Baturaden.
 
Sementara, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di wilayahnya mencapai 165.000 orang.
 
Prediksi jumlah wisatawan yang masuk Kota Yogyakarta dan sekitarnya itu melonjak 10% dari jumlah kunjungan libur lebaran tahun lalu yang mencapai 150.000 wisatawan.
 
Kepala Dinas Pariwisata, DIY Tazbir Abdullah menuturkan prediksi lonjakan 10% ditetapkan setelah melihat tren kenaikan setiap libur lebaran dibandingkan dengan liburan biasa di tempat wisata DIY. (ltc)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper